Kamis , 07 December 2017, 13:17 WIB

Widi Mulia Bagi Trik Mengajak Anak Makan Sayur

Rep: MGROL 99/ Red: Indira Rezkisari
MGROL 99
Widi Mulia
Widi Mulia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seringkali orang tua merasa kesulitan mengajarkan anak makan sayur. Walaupun menyehatkan, sayur cenderung memiliki rasa yang hambar dan membuat anak tidak menyukainya. Mengakali hal tersebut, penyanyi sekaligus ibu tiga anak, Widi Mulia punya cara tersendiri untuk mengajarkan sang buah hati makan sayur.

Istri dari aktor Dwi Sasono memaparkan hal pertama yang harus dilakukan ialah mencontohkan. Sebagai orang tua berarti harus mempraktikkan makan sayuran di depan anak-anak.

“Tapi kalau misalkan ibunya tidak suka ya jangan dipaksakan, karena akan sulit. Kalau aku, biasanya kalau makan di luar pertama yang dipesan adalah salad agar si anak melihat bahwa makan sayur itu menyenangkan,” katanya seusai acara peluncuran salah satu situs masak di Indofood Tower, Rabu (6/12).

Tapi jika cara itu belum berhasil, imbuh Widi, orang tua bisa pakai konsep ‘Goal’. Jadi misalkan anak punya sebuah keinginan, orang tua tidak langusung memberikan apa yang mereka ingin. Tapi dengan menawarkan anak untuk makan sayur baru kemudian mereka bisa mendapatkan apa yang mereka mau.

“Kalau anak tiba-tiba ingin makan mac and cheese misalnya, oke aku bolehkan. Tapi kamu (anak) harus habiskan sayur yang ini dulu ya baru kemudian kalian boleh makan mac and cheesenya. Dengan seperti ini, tujuan orang tua jadi tercapai yakni anak makan sayur, tapi di sisi lain keinginan anak pun terpenuhi,” tandasnya.

Dengan seperti itu, lama kelamaan si anak akan terbiasa untuk makan sayur, lanjutnya. Kalau anak sudah bisa makan sayur orang tua menjadi tidak sulit untuk memberikan kreasi makanan yang sehat dan bernutrisi untuk si kecil.