Selasa , 05 December 2017, 05:16 WIB

Ini Alasan Mengapa Wanita Lebih Bahagia Sendiri

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Winda Destiana Putri
Republika/Prayogi
Wanita single punya banyak kesempatan untuk menikmati hidup hingga membuat mereka bahagia.
Wanita single punya banyak kesempatan untuk menikmati hidup hingga membuat mereka bahagia.

REPUBLIKA.CO.ID, Menyatakan bahwa wanita lebih bahagia ketika sendirian akan terasa aneh, sebagian besar diakibatkan adanya Bridget Jones yang mengidentikkan kesendirian dengan piyama, es krim, dan musik yang mengerikan. Menurut penelitian terbaru, wanita jauh lebih bahagia saat sendiri karena berada dalam suatu hubungan memerlukan kerja keras.

Sebuah penelitian menemukan bahwa 61 persen wanita merasa puas saat sendirian, sementara pria yang merasakan hal sama hanya 49 persen. Mereka juga dirasa kurang berminat untuk mencari hubungan yang baru.

Peneliti tersebut kemudian membagi hasil penelitian menjadi apa yang dirasakan ketika menjalani sebuah hubungan pada wanita dan laki-laki. Professor Emily Grundy, direktur penelitian Sosial dan Ekonomi di Universitas Essex, menjelaskan bahwa wanita lebih banyak memberikan usaha dalam sebuah hubungan. Atau begitulah yang diinginkan oleh kehidupan sosial.

Tekanan dalam penampilan, melakukan lebih banyak kerja, dan memberikan lebih banyak usaha dalam menyelesaikan masalah dalam hubungan adalah hal-hal yang membuat wanita merasa stres saat berada dalam hubungan percintaan. Namun saat mereka megakhiri hubungan tersebut atau jomblo segala jenis stres tersebut menghilang.

Wanita yang sendirian dikenal lebih mudah bersosialisasi dibandingkan mereka yang berada dalam hubungan. Semua wanita yang sendirian akan berubah menjadi lebih cantik, gampang berbaur dalam kehidupan sosial, membangun lebih banyak teman dan kolega dengan minum bersama dan pergi ke klub.

Laki-laki disisi lain cenderung lebih bergantung pada pasangan wanitanya dalam situasi sosial. Ketika mereka putus, mereka tidak berusaha memberikan kompensasi dan akibatnya cenderung memiliki kelompok yang lebih lemah.

"Perempuan cenderung lebih baik dalam memiliki alternatif jaringan sosial dan beberapa orang kepercayaan dimana laki-laki cenderung lebih banyak bergantung kepada istri mereka untuk hal-hal tersebut dan memiliki lebih sedikit ikatan sosial," ucap Emily.

Ada sebuah temuan umum dalam penelitian yang menyatakan wanita yang tidak memiliki partner cenderung lebih aktif secara sosial dan memiliki banyak teman dibandingkan dengan perempuan yang memiliki pasangan. Dan kebalikannya, laki-laki tanpa pasangan cenderung sedikit melakukan aktifitas sosial. Jadi sangat memungkinkan wanita memiliki lebih banyak jangkauan alternatif.

Efek Bridget Jones tampaknya tidak lagi efektif seperti dulu dengan wanita yang lebih menunjukkan kemandirian dan kebebasannya saat sendirian. Jadi saat berikutnya Anda meratapi karena tidak memiliki pasangan, hitunglah keuntungan yang Anda punya atau teman Anda. Semua orang tahu perpisahan antar teman lebih menyakitkan.