Kamis , 14 September 2017, 09:15 WIB

Kiat Perawatan Bayi yang Berkulit Kering

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari
Pexels
Orang tua perlu memperhatikan tipe kulit bayi agar tepat perawatannya.
Orang tua perlu memperhatikan tipe kulit bayi agar tepat perawatannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Permasalahan kulit kering tidak hanya dialami oleh orang dewasa. Pada bayi yang baru lahir, problem kulit kering juga kadang terjadi. Dengan kondisi kulit yang masih tipis dan sensitif, perawatan kulit kering pada bayi tentu saja berbeda dengan perawatan pada orang dewasa.

Dokter spesialis anak asal Perancis, Jerome Valleteau de Moulliac, membeberkan sejumlah fakta dan tips seputar kulit kering pada bayi. Moulliac mengatakan kulit kering pada bayi bisa disebabkan karena kelenjar keringat belum berkembang penuh. Selain itu, rutinitas bayi seperti mandi dan berganti popok turut andil dalam menyebabkan kulit kering.

"Pada usia satu bulan setiap bayi punya tingkat kelenjar keringat yang bervariasi, bayi yang berkulit kering sekresi pada kelenjar minyaknya tidak banyak," ujarnya saat ditemui pada Rabu (13/9).

Sejumlah cara bisa dilakukan untuk mengatasi kulit kering pada bayi. Dokter dengan pengalaman selama 44 tahun itu menyarankan agar orang tua mengurangi frekuensi mandi bayi jika kulitnya kering. Saat mandi, gunakan air hangat-hangat kuku dan jangan terlalu lama mandi.

"Bayi mandi dua hari sekali tak masalah, kita bisa gunakan metode lain untuk membersihkan kulit bayi seperti menggunakan gel atau face hand spray," imbuh Moulliac. Hal yang paling penting diperhatikan adalah ketika memilih produk perawatan bayi hindarilah produk yang mengandung bahan-bahan sintetis. Lebih baik gunakan produk-produk alami yang aman bagi kulit bayi.