Kamis , 17 August 2017, 08:38 WIB

Keuntungan Mengajak Anak Bermain Lego

Rep: Novita Intan/ Red: Indira Rezkisari
Republika/Novita Intan
Permainan Lego.
Permainan Lego.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia anak adalah dunia bermain. Jenis permainannya bisa menggunakan berbagai tipe, seperti elektronik dan bermain di taman.

Sebagai orangtua, ada baiknya memilihkan mainan yang bisa menjadi sarana belajar anak. Salah satunya adalah blok susun Lego.

Lego sendiri sebenarnya merupakan sebuah merek dari permainan berjenis bongkar pasang. Anak-anak dapat mewujudkan imajinasinya ke dalam bentuk 3D dengan cara menggabungkan blok-blok yang tersedia.

Menurut Psikolog Klinis Liza Marielly Djaprie, permainan lego didesain tidak hanya untuk menstimulasi perkembangan anak sesuai dengan tahapan tumbuh kembangnya. Namun Lego juga menantang kreativitas dan imajinasi segala usia baik remaja dan dewasa. Intinya bermain Lego itu menyenangkan sekaligus bermanfaat.

"Kegiatan bermain Lego mengasah potensi anak sebagai perancang masa depan apapun nanti profesinya. Bermain menyusun Lego sejak kecil mendukung tahapan tumbuh kembang anak misalnya ketrampilan motorik halus, memegang, menyusun, melepaskan bricks ketrampilan kognitif mengenal warna, bentuk, tekstur, dimensi sejak dini," ujarnya.

Menyusun Lego, lanjut Liza, anak juga mengembangkan kemampuan bermain peran (role play) dan bercerita (story telling). Bahkan, terapi anak berkebutuhan khusus dan penilaian psikologis anak juga dapat dilakukan dengan Lego.

Dengan bermain Lego juga melatih kemampuan memecahkan masalah dan bermain koperatif. Di samping itu, juga menumbuhkan rasa percaya diri anak.

"Anak itu kadang juga suka berebut ketika bermain Lego, tapi dari situ mereka belajar resolusi konflik ketika berebut dengan anak lainnya, akhirnya mereka belajar negosiasi," kata Liza.

Tak sekadar itu, bermain Lego pun mampu membuat anak belajar pengetahuan teknik dan matematika. Namun Liza menyarankan, untuk anak usia dini harus selalu didampingi saat bermain Lego.

Berbagai kegiatan seru dan menyenangkan bermain Lego bisa dinikmati dalam kampanye #BuildingArchipeLEGO di Area Food Society Mal Kota Kasablanka dari tanggal 8 hingga 20 Agustus 2017. Ada #BuildingArchipeLEGO Display 3D Mozaic Burung Garuda.

Di sana Anda dan keluarga akan bisa menyaksikan lego 3D mozaik Garuda Pancasila yang disusun dari 3.500 keping Lego. Berbagai kegiatan seru dan menyenangkan juga bisa diikuti, seperti building competition menyusun 72 keping bricks lego menjadi kreasi yang menggambarkan Indonesia sesuai dengan imajinasi anak-anak. Siapa saja bebas bermain Lego sepuasnya selama kampanye berlangsung.