Senin , 20 March 2017, 13:35 WIB

Kapan Waktu Tepat Ajak Anak Tidur?

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Independent
jam tidur anak
jam tidur anak

REPUBLIKA.CO.ID, Mengajak anak tidur dimalam hari menjadi salah satu tantangan para orang tua. Pasalnya anak seringkali sulit memejamkan mata ketika dia belum mengantuk. Tapi apa daya orang tua memaksa mereka. Ketika orang tua memaksa, anak justru akan semakin berontak dan menjadi rewel.

Sebaliknya orang tua yang sibuk bekerja, biasanya ingin menghabiskan waktu bersama anak selama mungkin. Namun biasanya mereka hanya memiliki waktu dimalam hari ketika anak bersiap untuk tidur. Ini akan membuat anak terlambat tidur.

Anak yang tidur terlalu larut, ketika dipaksa bangun pagi saat anak masih lelah, ini akan membuat anak mudah tersinggung dan marah-marah hari berikutnya. Tidak menyenangkan buat mereka juga orang tua.

Jadi bagaimana sikap orang tua seharusnya? Anak memiliki jam tidur malam yang berbeda loh. Jam tidur malam anak berkaitan erat dengan jam bangun tidurnya juga dengan jam tidur siang mereka.

Nah untuk mengetahui hal itu, ada satu grafik yang bisa menjadi patokan orang tua. Kapan waktunya tidur? Kapan anak bangun? Semua bisa dihitung.  

Seperti telah dilansir dari laman Independent, Senin (20/3), satu sekolah telah merilis sebuah chart untuk membantu orang tua tahu mengenai ketika anak mereka harus mengambil manfaat kesehatan optimum. Chart ini sangat mudah dibaca dan menawarkan petunjuk jelas dan mudah sebagai referensi usia anak dengan waktu yang mereka butuhkan untuk bangun, dan waktu tidur yang tepat.

Dibuat oleh Wilson Elementary School di Wisconsin, ini telah sukses dan diterima olrh para orang tua dan telah dishare lebih dari 430 ribu kali di  Facebook. Banyak yang kemudian membaginya dengan orang tua, teman dan keluarga setiap harinya. Meskipun grafik awalnya diumumkan beberapa tahun yang lalu, terus dibagikan hari ini.

"Ini bagus," ujar seorang netizen.

Beberapa orang tua berkata bahwa anak mereka saat malam dan waktunya tidur tidak berjalan pada mereka,  tapi chart cocok dengan rekomendasi tidur anak dari American Academy of Pediatrics. Mereka mengatakan bahwa anak dengan usia tiga sampai lima membutuhkan 10 sampai 13 jam tidur. Tapi enam sampai 12 tahun membutuhkan waktu sembilan sampai 12 jam.