Selasa , 16 February 2016, 16:32 WIB

Susu Sapi Hanya Baik untuk Anak Sapi? Ini Penjelasannya

Rep: Aprilia Safitri Ramdhani/ Red: Indira Rezkisari
Susu sapi
Susu sapi

“Susu sangat bermanfaat bagi manusia, baik dewasa maupun anak-anak. Bahkan susu sangat baik dikonsumsi sejak manusia lahir hingga tua nantinya. Memang diakui, susu terbaik bagi manusia adalah ASI, akan tetapi berhubung ASI produksinya terbatas, maka second opinion terbaik adalah susu sapi,” lanjutnya.
 
Untuk usia dewasa, susu baik dikonsumsi dua hingga tiga kali sehari yakni pada saat 45 menit setelah olahraga dan satu jam sebelum tidur di malam hari. Sementara bagi bayi, balita hingga anak sekolah tidak ada batasan berapa jumlah konsumsi susu hariannya.
 
Susu memiliki beragam jenis, yakni susu murni yang belum diolah, susu segar pasteurisasi, susu UHT, susu lowfat, susu skim, susu kental manis dan susu bubuk. Namun khusus untuk susu kental manis sendiri, menurut Emilia dirasa kurang tepat jika disebut sebagai ‘susu’ karena kandungan protein, lemak dan kalsium yang terdapat di dalamnya sangatlah sedikit.
 
“Saya lebih suka menyebut susu kental manis sebagai sirup rasa susu. Karena manfaat yang terkandung di dalamnya sangatlah sedikit, susu kental manis mengandung banyak sekali gula tambahan sehingga tidak cukup untuk mencukupi kebutuhan kalsium atau vitamin yang dibutuhkan tubuh,” ungkapnya.