Selasa , 16 February 2016, 16:32 WIB

Susu Sapi Hanya Baik untuk Anak Sapi? Ini Penjelasannya

Rep: Aprilia Safitri Ramdhani/ Red: Indira Rezkisari
wikimedia
Susu sapi
Susu sapi

REPUBLIKA.CO.ID, Anak yang gemar minum susu sering disebut anak sapi. Julukan itu terlontar karena ada pandangan yang menyebut anak manusia hanya cocok minum air susu ibunya.

Hal tersebut dibantah oleh ahli gizi sekaligus pakar nutrisi Emilia Achmadi MS, RD. Ia menyatakan bahwa susu merupakan salah satu asupan gizi utama yang memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Susu juga merupakan sumber energi, karena adanya kandungan lemak di dalamnya.
 
“Lemak yang dikandung di dalam susu sangat rendah dibandingkan dengan jumlah lemak di dalam kentang goreng yang kita makan sehari-hari. Di dalam susu juga terdapat protein kompleks yang baik untuk tubuh. Jadi, kalau ditanya lebih baik konsumsi susu segar asli dari protein hewani atau susu dari protein kedelai tentu yang lebih baik adalah susu segar dari protein hewani,” ungkapnya, dalam acara diskusi media 'The Anatomy of Fresh Milk' di Jakarta, Selasa (16/2).
 
Menurut Emilia, susu sangat kaya dengan beragam manfaat salah satunya adalah meningkatkan sistem imun manusia agar terhindar dari beragam penyakit. Susu juga baik untuk kulit, mencegah anemia, meningkatkan kekuatan tulang serta mencegah anemia.
 
Bahkan, ada hal lain yang sangat bermanfaat dari mengkonsumsi susu yakni mencegah penyakit jantung. Hal ini dikarenakan, kandungan kalsium, magnesium dan potassium di dalam susu dapat mencegah kram dan kontraksi otot pada jantung.