Jumat , 02 Oktober 2015, 10:00 WIB

15 Cara Bantu Anak Jadi yang Terbaik yang Ia Bisa (2-Habis)

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
astwoodsmiles
Sediakan lingkungan yang kaya dengan penginderaan. Sediakan materi di sekeliling rumah yang dapat merangsang inderanya.
Sediakan lingkungan yang kaya dengan penginderaan. Sediakan materi di sekeliling rumah yang dapat merangsang inderanya.

REPUBLIKA.CO.ID, Selain lima cara sebelumnya, masih ada 10 cara untuk membantu anak menjadi yang terbaik yang mereka bisa seperti dijelaskan oleh Thomas Armstrong, Ph.D, seorang ahli di bidang Multiple Intelligences.

Keenam, jangan paksa anak Anda untuk belajar. Jika anak-anak dikirim ke kursus khusus setiap hari untuk belajar dengan harapan mereka dapat mengembangkan kemampuan belajar mereka, mereka mungkin bisa menjadi terlalu stress atau lelah untuk bersinar. Semangati, namun jangan paksakan.

Ketujuh, sediakan lingkungan yang kaya dengan penginderaan. Sediakan materi di sekeliling rumah yang dapat merangsang indera seperti cat jari, alat perkusi, dan boneka atau wayang. Kedelapan, jagalah minat belajar Anda agar tetap hidup. Anak Anda akan terpengaruh dengan contoh yang Anda berikan.

Kesembilan, jangan mengkritik atau menghakimi apa yang dilakukan anak Anda. Dia dapat menyerah jika merasa dinilai. Kesepuluh, bagi dan ceritakan kesuksesan Anda kepada keluarga. Membicarakan tentang hal baik yang terjadi hari itu dapat berguna untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Kesebelas, dengarkan anak Anda. Hal yang sangat dia pedulikan dapat memberikan petunjuk tentang kemampuan spesialnya. Keduabelas, jangan suap anak Anda dengan hadiah, memberikan insentif agar anak dapat meraih sesuatu menandakan bahwa pembelajaran tersebut sebenarnya tidak bermanfaat.

Ketigabelas, hindari membandingkan anak Anda dengan anak lain. Bantu anak Anda untuk membandingkan dirinya dengan pencapaian masa lalunya.

Keempatbelas, berikan anak Anda pilihan. Itu akan memupuk tekad dan mendorong inisiatif. Kelimabelas, bermainlah dengan anak Anda untuk menunjukkan cita kejenakaan Anda. “Dengan mengikuti petunjuk ini akan membantu memastikan anak Anda menjadi apapun yang dia inginkan dalam hidup,” ujarnya.