Sabtu , 13 January 2018, 05:03 WIB

Menikmati Gurihnya Sup Harira

Rep: Andrian Saputra/ Red: Gita Amanda
Andrian Saputra/ REPUBLIKA
Sup Harira
Sup Harira

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO --- Anda ingin mencicipi sup ala Timur Tengah? cobalah datang ke Al Kautsar Restoran yang ada di Syariah Hotel Solo. Anda bisa mencicipi lezatnya sup Harira yang merupakan menu terbaru di Al Kautsar Restoran.

Sup asal Maroko ini punya rasa unik dengan berbagai perpaduan bumbu di dalamnya. Meski jadi khas timur tengah, namun pembuatnya Chef Dani Irawan mengkombinasikan dengan bumbu-bumbu lokal sehingga dapat diterima oleh lidah orang Indonesia. 

Di tempat asalnya, sup harira mempunyai warna kemerah-merahan. Namun, di Al Kautsar Resto, sup ini dibuat seperti bumbu kari berwarna kuning.
 
Bahan dasar sup ini adalah daging domba yang sebelumnya telah dimasak hingga empuk. Tampilan sup Harira makin meriah dengan kacang Lentil, jagung manis, dan tomat. Sup ini gurih dilidah. Untuk menyantapnya, roti tawar disajikan bersamaan dengan sup Harira.
 
"Sekarang musim hujan, sup ini cocok karena punya test yang bikin segar. Kami memasaknya seperti kare dan menggunakan minyak zaitun dalam memasaknya sehingga berpengaruh pada rasa," tutur Dani pada Jumat (12/1). 
 
Untuk dapat mencicipi lezatnya sup Harira, pengunjung harus merogoh kocek Rp 60 ribu per porsinya. 
 
photo
Puding Muhallabiya
Selain sup harira ada juga menu baru lainnya di Al Kautsar Restoran seperti puding Muhallabiya  yang dibuat dari bahan dasar susu dan tepung maizena dan jeruk, serta agar-agar. Campuran krim, susu, lemon, dan orange jus membuat puding muhallabiyah terasa manis dan  sedikit asam diakhirnya sehingga membuat segar penikmatnya. 
 
Potongan kacang almond dan kurma memberi kesan tersendiri saat anda menyantapnya. 
Anda juga bisa mencampurkan air madu dan jeruk agar mendapatkan rasa lebih manis. Untuk minuman, Al Kautsar Restoran juga meluncurkan menu baru yakni syariah chocoffee yakni paduan antara kopi, coklat, susu, vanila yang disajikan dengan lembutnya es krim coklat. Selain itu ada juga syariah green coffe yang unik dengan perpaduan antara kopi dan green tea powder serta susu dan es krim vanilla. 
 
Puding Muhallabiya dibandrol dengan harga Rp 30 ribu per porsi, sedangkan untuk minumannya Rp 35 ribu per gelas.
 
Sup Harirah, puding Muhalabiyah, syariah coffee dan syariah green coffee menjadi menu andalan Al Kautsar Restoran selama Januari hingga Maret mendatang. Menu tersebut menjadi bagian food and bevarage dalam rangka menyambut milad Syariah Hotel Solo yang ke-4.