Kamis , 07 December 2017, 12:10 WIB

Chef Rekomendasikan Bahan Masakan yang Selalu Ada di Rumah

Rep: MGROL 99/ Red: Indira Rezkisari
dok Republika
Ibu memasak untuk keluarganya.
Ibu memasak untuk keluarganya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kaum ibu dituntut untuk bisa menyediakan makanan yang beragam bagi anggota keluarganya. Tak hanya enak, ibu juga harus memikirkan kesehatan keluarganya melalui asupan makanan yang tepat.

Chef Chandra Yudasswara memaparkan sebelum berkreasi dengan masakan, Anda harus terlebih dahulu mengenal karakter bahan makanan. Pemahaman tersebut akan membuat Anda tidak kebingungan bagaimana cara mencampurkan berabagai bahan dengan tepat dan juga sehat.

“Misalkanya kita harus tahu dulu, tepung itu teksturnya gimana, bahan yang lainnya seperti apa. Pemilihan bahan harus tahu materi yang akan dibuat. Jadi pelajari karakter dulu. Kalau sudah tahu semuanya pasti akan mudah untuk buat masakan apa saja,” ujarnya kepada Republika.co.id

Kemudian setelah mengerti karakter, baru mempelajari teknik memasaknya. Ada beragam teknik memasak tentunya yang bisa dipelajari dari berbagai sumber. Menurut Chandra, inti dari masakan yakni harus ada rasa manis, asin dan gurih yang seimbang. Tapi perlu diperhatikan juga pencampuran bahan makanan yang enak dan sehat.

“Lebih realistis, jangan sampai terlalu kacau kalau mau kreasi. Jangan terlalu maksa menggunakan bahan yang macam-macam,” ujarnya, saat ditemui seusai acara peluncuran salah satu situs masak di Indofood Tower, Rabu (6/12).

Yang terpenting kalau di rumah, lanjutnya, sediakan bahan makanan seperti ayam, kentang, tomat, wotel, seledri dan juga jamur. Dengan bahan-bahan tersebut, aneka makanan bisa diracik. Misalnya, buat campuran sayuran seperti wortel ditambah bawang bombay, kemudian ditambahkan sedikit air dan krim. Hasilnya, saus gurih bisa dimakan dengan pasta atau nasi untuk anak.

“Selalu ada ayam sih biasanya kalau di rumah. Kalau saya bersama anak biasanya masak yang 10 minutes cooking. Seperti membuat mi, pasta yang anak-anak notabenenya suka terus ditambah pakai ayam atau topping lain,” katanya.