Rabu , 18 October 2017, 13:01 WIB

Bunga Telang di dalam Lumpia Hingga Minuman

Red: Indira Rezkisari
Republika/Indira Rezkisari
Lumpia dengan bunga telang.
Lumpia dengan bunga telang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyajikan makanan sehat menjadi tantangan tersendiri. Sebab banyak orang sudah terlanjur menganggap makanan sehat rasanya tidak enak.

Padahal kini ada banyak cara untuk menyajikan makanan sehat tapi tetap lezat. Arini Soewarli, chef khusus makanan sehat untuk restoran Food Cabin di Kemang, mengatakan makanan sehat atau makanan yang bebas gluten, organik, vegan alias tidak menggunakan protein hewani cenderung lebih mudah dicerna tubuh. "Metabolisme tubuh jadi membaik, kesehatan juga otomatis membaik," kata Arini.

Di Food Cabin ada sejumlah makanan sehat yang rasanya tidak kalah. Jika gemar dengan calamari atau cumi yang digoreng tepung, Food Cabin memiliki penggantinya yang jauh lebih sehat. Ketika menggigit sang pengganti, Anda bisa jadi lupa yang dimakan bukan potongan cumi balut tepung yang digoreng garing.

"Ini modifikasi onion ring, jadi bawang bombay yang dibalut tepung lalu digoreng," kata Arini. Bedanya, bawang bombang dibalur dulu dengan tepung mokaf atau tepung dari singkong yang bebas gluten. Baru digoreng dengan CCO atau cooking coconut oil yang lebih sehat dari minyak sawit.

Bila calamari dicocol ke saus tartar, versi vegannya dicocol dengan saus dengan cita rasa asam manis. Arini menerangkan sausnya terbuat dari gula semut, virgin coconut oil, perasan lemon, garam laut, dan rajangan kecombrang.



Satu lagi menu yang unik di Food Cabin, yakni salad, lumpia, dan minuman dengan bunga telang. Bunga telang lebih dikenal sebagai pewarna biru alami untuk batik. Warna ungu bunga telang membuatnya kaya antioksidan sehingga baik untuk menangkal radikal bebas.

Pada minuman Arini mengolah bunga telang dalam air mineral yang diberi campuran biji chia, daun mint, dan perasan lemon. Cocok untuk diminum di siang hari sebagai pelepas dahaga.

Bunga telang juga ditambahkan ke salad bersama sejumlah bunga lainnya yang sedang musim. "Biasanya dengan bunga vida dan cosmos, semua bunga kami tanam sendiri jadi pasti organik," ujar Arini.

Satu lagi menu sehat yang harus dicicipi, lumpia dengan daun selada dan bunga telang. Lumpia Food Cabin ini juga sehat karena tidak digoreng sama sekali. "Kulit lumpia dari paper rice lalu diisi sayur dan bunga telang, makannya dicocol dengan saus dari gula semut dan kecombrang," katanya.

Konsumsi makanan sehat memang belum sepenuhnya bisa diterima semua orang. Arini mengatakan namun Food Cabin sudah memiliki pelanggan tersendiri yang menggemari menu sehat mereka. Pelanggan bahkan kerap memesan makanan dan diantar dengan jasa transportasi daring untuk dinikmati di rumah.

Food Cabin terletak di Jalan Benda Raya nomor 46F Unit A, Jakarta Selatan. Restoran dengan galeri busana dan kerajinan di lantai dua tersebut buka setiap hari dari pukul 10.00-22.00 di Senin hingga Sabtu dan buka sejak pukul 08.00-20.00 pada Ahad. Khusus Ahad Food Cabin menyediakan menu sarapan yang berbeda.