Rabu , 11 October 2017, 11:53 WIB

Meracik Sendiri Mi Gelas Siap Santap

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Indira Rezkisari
The Kitchn
Mi gelas buatan rumah.
Mi gelas buatan rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siapa yang tidak suka mi dalam gelas? Di zaman serba cepat saat ini, mi yang di Indonesia dikenal dengan Pop Mie itu menjadi solusi bagi yang ingin makan tanpa harus berjalan jauh mencari tempat makan. Namun, tidak semua orang menyukai mi instan dengan kandungan garam yang tinggi. Beberapa menginginkan mi yang lebih sehat.

Bagaimana bila membuat sendiri mi gelas atau mi cangkir dengan wadah toples kaca? Orang Inggris menyebut DIY Nodles Cup sebagai mi yang dikemas ke dalam semua komponen sup mi favorit, ke dalam toples atau bejana tahan panas lainnya, tanpa kuah kaldu. DIY Nodles Cup dapat disajikan dengan sederhana. Cukup hanya dengan tuangkan air panas, biarkan selama beberapa menit dan makan siang disajikan.

Anda bisa menyimpan mi ini beberapa hari ke depan dan menyimpannya di lemari es. Karena mi tidak direndam dalam cairan, mereka tetap kenyal dan segar daripada menjadi lunak dan tergenang air.

Cara Membuatnya pun mudah, dikutip dari laman The Kitchn, Rabu (11/10), mulai dari menyiapkan bahan untuk setiap cangkir mi 1 sampai 3 sendok teh untuk bumbu dasar, misalnya kaldu, miso, atau bumbu kari. Lalu 1 sampai 3 sendok teh penyedap, sambal bawang putih, kecap, santan jika suka, minyak wijen, dan saus sambal.

Lalu 1/4 sampai 1/2 cangkir bahan pengisi, seperti jagung beku, wortel beku, kacang polong beku, tahu potong dadu, daging matang sisa, jamur kering atau irisan tipis, bayam yang diiris tipis atau sayuran hangat lainnya. Kimchi, misalnya, bisa direbus dulu.

Kemudian, 3/4 sampai 1 cangkir mi. Pilihannya bisa udon yang dimasak, yakisoba atau ramen matang, mi soba matang, spageti atau fetucini matang, bihun matang, shirataki matang, sohun kering atau mi maifun. Jangan lupa juga 1/4 sampai 1/2 cangkir bahan segar, yaitu irisan daun bawang hijau, tauge, irisan jeruk nipis atau lemon. Sementara peralatan yang dibutuhkan, yaitu pot kaca dengan tutup yang lebar, atau toples kaca dengan tutup bekas selai.

Cara untuk meramu mi, tempatkan bumbu rasa dan ekstra rasa di bagian bawah cangkir. Letakkan pasta seperti stok sup atau pasta miso, tabur sedikit demi sedikit hingga mudah larut, dengan menambahkan air panas dan memberikan tambahan rasa.

Taburkan bagian atas dengan bahan pengisi, tidak masalah jika dicampur dengan bumbu rasa dan ekstra. Lalu tambahkan mi, kemas mi menjadi satu. Biarkan mi tetap menyatua karena akan membaur jika ditambahkan air.

Saat ingin dimakan tambahkan air panas atau air kaldu panas hingga menggenangi mi. Setelah itu tutup dan biarkan selama 2 sampai 3 menit.

Terakhir, aduk sampai rata, gunakan sumpit atau garpu untuk mengaduk secara menyeluruh agar bumbu rasa tercampur ke dalam air. Setelah itu campurkan bahan pengisi ke dalam mi. Mi gelas sehat pun siap disantap.