Jumat , 22 September 2017, 08:06 WIB

Chef Bara Hanya Mau Masak Kuliner Ambon

Red: Esthi Maharani
dok Sambal ABC
Chef Bara Pattiradjawane
Chef Bara Pattiradjawane

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Bara Raoul Pattiradjawane yang dikenal dengan Chef Bara menyatakan hanya mau memasak kuliner Ambon jika diundang memasak. Ia ingin mempromosikan kuliner Ambon.

"Ke depan ada beberapa yang akan mengundang saya untuk menyajikan masakan, tetapi saya sudah sampaikan bahwa saya hanya mau memasak makanan Ambon saja," kata Chef Bara di Denpasar, Kamis.

Menurut dia, Ambon memiliki banyak makanan berbahan dan bumbu rempah lokal yang belum banyak dikenal masyarakat.
Bara memiliki cita-cita untuk mendata, mengumpulkan dan mempublikasikan kuliner khas Ambon. Hal tersebut diwujudkan dengan hanya memasak masakan Ambon jika diundang ke berbagai acara.

"Pengukuhan saya sebagai duta kuliner Ambon akan saya manfaatkan dengan baik untuk mempromosikan berbagi kuliner berbahan rempah lokal yang selama ini belum banyak dikenal masyarakat luar," katanya.

Diakui Chef Bara, langkah itu merupakan gebrakan lebih kuat dibandingkan membuka restoran khas Ambon, yang nantinya hanya dikunjungi segelintir orang.

"Kalau hanya membuka restoran itu hal mudah, yang penting kita memiliki dana yang cukup. Buat saya ada cara lain yang harus dilakukan untuk memperkenalkan kuliner kota bertajuk 'Manise' yakni dengan berkomitmen untuk menyajikan masakan Ambon ketika diundang," ujarnya.

Pria berdarah Ambon-Manado itu menyatakan kuliner Ambon memiliki keunikan tersendiri ditunjang aneka rempah dan bahan pangan lokal yang tidak ada di daerah lain. Bahan pangan lokal Ambon seperti sagu dan buah atong memiliki khasiat luar biasa dan harus dipublikasikan kepada masyarakat luar.

"Kalau di Jepang ada sashimi dan penangkalnya washabi, di Ambon juga ada Kohu-kohu yakni ikan mentah yang dicampur dengan buah Atong, yang diolah untuk dimakan mentah dan tidak mengakibatkan sakit perut," katanya.

Sumber : Antara