Jumat , 11 Agustus 2017, 11:03 WIB

Dibuai Pedas Sedap Sambal Bu Rudy Surabaya

Rep: Novita Intan/ Red: Indira Rezkisari
Republika/Novita Intan
Sambal Bu Rudy khas Surabaya.
Sambal Bu Rudy khas Surabaya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wisata kuliner kini jadi salah satu kegiatan wajib saat bertandang di kota atau negeri orang. Ibu kota Jawa Timur, Surabaya, dikenal memiliki banyak tujuan kuliner yang patut dicoba.

Rujak cingur dan lontong balap bisa dibilang dua jenis makanan lekat dengan Surabaya. Padahal, masih banyak lagi tawaran kuliner mantap dari kota Pahlawan ini.

Tak kalah penting juga kuliner sambal yang sudah populer di kota ini. Yakni, Sambal Bu Rudy. Bagi penikmat sambal, Sambal Bu Rudy tentu menjadi tujuan kuliner dan oleh-oleh wajib.

Rasa sambalnya sukses menggoyangkan setiap lidah yang mencicipinya. Bu Rudy sendiri memiliki tiga rasa sambal yang terdiri dari sambal bajak, sambal hijau, dan sambal bawang.  Tingkat pedas dari tiap produk berbeda. Rasa pedas sambal bajak dan sambal hijau tidak sepedas sambal bawang.

Bu Rudy dengan nama asli Lany Siswadi adalah penggiat kuliner di Surabaya. Menariknya, Lany bukan sosok perempuan yang mahir dalam memasak hanya saja talenta dan semangat memasak membuat ia dikenal.

"Saya itu tidak suka masak, tetapi saya diberi talenta memasak," kata Bu Rudy kepada Republika.co.id.

Kelezatan masakan Bu Rudy, terutama rasa sambal udangnya yang khas, membuat dirinya sukses. Bu Rudy sendiri menjamin seluruh makanan yang dibuat, termasuk sambal, tak menggunakan bahan kimia selain penyedap.

Kini ia memiliki enam cabang rumah makan. Bu Rudy sendiri tak setuju jika rumah makannya disebut restoran. Ia lebih suka rumah makannya disebut warung, depot, atau pasar. Sebab menurut Bu Rudy, yang ia jual adalah makanan khas Jawa dan tak ada menu pasti.

"Sesuai bahan yang ada hari itu, jadi semua spontan saja. Misal saya mau makan balado, saya buat sambal hijau," katanya.

Untuk harga sambal bawang di jual dengan harga yang paling murah dibandingkan dengan dua sambal lainnya yakni Rp 22 ribu, sedangkan harga dua sambal lainnya Rp 25 ribu.

Rumah makan Sambal Bu Rudy memiliki tiga cabang di Surabaya. Pusatnya berada di Jalan Dharmahusada no 140, kemudian pengunjung juga bisa menemukan Rumah Makan Bu Rudy di Jalan Anjasmoro no 45.

Sambal Bu Rudy turut mengisi stan di festival kuliner Nusantara Kampoeng Legenda yang diselenggarakan di Mal Ciputra Jakarta Barat. Festival ini menampilkan beragam makanan khas Indonesia hingga 20 Agustus 2017.