Rabu , 12 July 2017, 19:46 WIB

Vietnam, Surga Kuliner dari Bahan Beras

Red: Indira Rezkisari
dok Ritz-Carlton
Banh Cuon, lumpia Vietnam dari kulit tepung beras dengan isian ayam dan jamur.
Banh Cuon, lumpia Vietnam dari kulit tepung beras dengan isian ayam dan jamur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan dari Asia memang menggoda lidah. Karena masih serumpun dengan Nusantara, lidah pun tidak sulit mencerna makanan dari negara tetangga, salah satunya Vietnam.

Vietnam terkenal akan kulinernya yang sehat, karena mengandung banyak sayur segar. Vietnam juga unik, karena kulinernya terpengaruhi Prancis yang pernah menjajah negara ini.

Seperti negara Asia lainnya, masyarakat Vietnam mengonsumsi banyak nasi. Bedanya, Vietnam mengolah nasi sebagai kwetiau, bungkus lumpia, hingga lemper dalam aneka bentuk.

Mulai hari ini (12/7) hingga 22 Juli 2017, restoran Asia di Hotel Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta, menawarkan promo makanan Vietnam. Beragam menu khas Vietnam bisa dicicipi selama masa promosi, termasuk menu yang diolah dari nasi atau beras.

Yang pertama dan paling populer adalah pho. Makanan berkuah bening di negara asalnya bisa ditemukan di kaki lima hingga restoran berkonsep fine dining.

Director of Marketing Communications Ritz-Carlton Mega Kuningan, Adeza Hamzah, mengatakan di Asia Pho Ga tersaji untuk dicicipi. "Sup ini berisi mi tepung beras dengan kaldu dan disajikan dengan daging ayam beserta sayuran seperti tauge, daun ketumbar, jeruk nipis, serta dilengkapi saus hoisin," ujar Adeza.

Lalu masih ada menu Banh Cuon yang juga berbahan beras. Inilah lumpia dari kulit tepung beras dengan isian ayam dan jamur. Pastikan mencocol lumpia ini kecap khas Vietnam yakni, Nuoc Cham.

Adeza mengatakan, ada pula menu unik berbahan nasi yakni Xoi Ga Chien Gion. "Ini ayam dengan ketan," katanya.

Makanan Vietnam namun tidak terbatas pada menu dengan bahan nasi atau beras. Asia menyajikan pula versi unik roti baguette Prancis yang kerap dimakan bak roti isi dengan daging yang diiris tipis plus sayur dan daun ketumbar. Menu Bo Kho Banh Mi diubah menjadi semangkuk sup daging berkuah kental ala masak stew, dengan potongan roti baguette di pinggirannya.

Adeza menerangkan, promosi menu Vietnam dapat dinikmati dengan harga Rp 318 ribu per orang. Restoran Asia yang berkonsep prasmanan juga tetap menyajikan beragam menu dari dalam dan luar negeri selama masa promo tersebut.