Friday, 4 Sya'ban 1439 / 20 April 2018

Friday, 4 Sya'ban 1439 / 20 April 2018

Lima Tips Tidur Malam Lebih Nyenyak

Kamis 12 April 2018 15:15 WIB

Rep: MGROL102/ Red: Yudha Manggala P Putra

Penggunaan gadget sebelum dan setelah bangun tidur berefek tidak baik bagi kesehatan.

Penggunaan gadget sebelum dan setelah bangun tidur berefek tidak baik bagi kesehatan.

Foto: Dailymail
Berhenti merokok salah satunya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidur malam penting tubuh. Beberapa manfaat tidur di antaranya meregenerasi sel-sel, memperlancar metabolisme, hingga meningkatkan kualitas memori.

Karenanya, tidur berkualitas dan nyenyak menjadi salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Berikut lima tips terbaik untuk membantu tidur malam yang nyenyak seperti dikutip Times Now News, Kamis (12/4).

1. Hindari makan minum sebelum tidur

Hindari makan atau minum tepat sebelum tidur. Makan malam atau makan malam sebelum tidur dapat mengaktifkan sistem pencernaan dan dapat menyebabkan seseorang menderita masalah lambung atau sakit maag.

Tak kalah penting lagi, makan dan minum tepat sebelum tidur dapat memperburuk gejala dan membuat seseorang terus terjaga. Selain itu, hindari mengonsumsi alkohol dan kafein karena minuman ini dapat membuat seseorang terjaga sepanjang malam.

2. Berhenti merokok

Merokok secara teratur dapat mengacaukan siklus tidur alami tubuh. Menurut para peneliti di Sekolah Kedokteran Universitas Johns Hopkins, mengungkapkan bahwa perokok empat kali lebih kecil kemungkinannya untuk tidur nyenyak daripada non-perokok.

Lantaran efek stimulasi nikotin dan gejala penarikan yang ada menyebabkan biasa pada tidur di malam hari. Selain itu, merokok rokok telah dikaitkan dengan perkembangan beberapa penyakit seperti kanker serius, penyakit jantung, infeksi rutin, kecemasan dan depresi.

3. Gunakan minyak esensial

Ada beberapa minyak esensial yang dapat membantu tidur lebih rileks dan mendapatkan tidur yang nyenyak, seperti minyak almond, minyak zaitun, minyak wijen, minyak lavender yang memiliki sifat terapeutik yang menawarkan tidur malam yang nyenyak.

Minyak esensial juga dipercaya dapat memberikan bantuan dan penyembuhan untuk berbagai macam penyakit fisik dan mental, termasuk kecemasan dan depresi.

4. Jauhkan gadget

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang menggunakan gadget sebelum tidur berjuang untuk tertidur. Jadi, hindari penggunaan gadget setidaknya satu jam sebelum memutuskan tidur.

5. Tetapkan rutinitas tidur teratur

Ini adalah salah satu praktik terbaik yang dapat dilakukan untuk mendapatkan jumlah tidur yang dibutuhkan tubuh. Cobalah melakukan rutinitas teratur untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari agar mendapatkan tidur yang lebih baik. Lakukan kebiasaan ini secara religius, bahkan di akhir pekan sebagai bagian dari menjaga ritual tidur yang sehat.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES