Friday, 4 Sya'ban 1439 / 20 April 2018

Friday, 4 Sya'ban 1439 / 20 April 2018

Hindari Gagal Jantung dengan Cara Ini

Ahad 18 March 2018 16:09 WIB

Rep: desy susilawati/ Red: Dwi Murdaningsih

Nyeri di dada, bisa jadi pertanda sakit jantung

Nyeri di dada, bisa jadi pertanda sakit jantung

Foto: Boldsky
Penderita gagal jantung diseluruh dunia diperkirakan sebanyak 23 juta orang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap tahun diperkirakan 17,5 juta orang meninggal akibat penyakit kardiovaskular. Ini berkontribusi terhadap 31 persen kematian di dunia. Dari data yang didapatkan penderita gagal jantung diseluruh dunia diperkirakan sebanyak 23 juta orang.

Gagal jantung juga menghabiskan dana perawatan yang cukup tinggi di beberapa negara termasuk Indonesia. Dari data BPJS sendiri pada tahun 2016 pembiayan penyakit katastropik salah satunya penyakit jantung mencapai hampir 14,6 triliun.

Meski Sehat, Jangan Berlebihan Konsumsi 5 Makanan Ini

Dokter spesialis penyakit jantung RS Siloam Buton, dr. Firman Leksmono,Sp.JP FIHA menjelaskan gejala umum gagal jantung yang paling sering didapatkan yakni napas terasa pendek atau sesak napas terutama saat berbaring terlentang atau beraktivitas berat. Sering terbangun tengah malam karena sesak napas, cepat capek, bengkak pada perut dan kaki, dan beberapa gejala lain yang tidak terlalu spesifik, termasuk gejala umum gagal jantung.

"Karenanya jalan terbaik adalah hidup sehat dan deteksi dini," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Ahad (16/3).

Selain menjaga pola makan, rutin berolahraga 30 menit  sebanyak tiga hingga empat kali seminggu merupakan cara terbaik menghindari penyakit gagal jantung. Adapun olahraga yang dianjurkan bagi kesehatan jantung yakni berlari, jogging, renang, dan bersepeda, serta hal lain yang perlu dihindari yakni rokok dan minuman beralkohol.

"Kalau kita rajin berolahraga pembuluh darah di jantung kita akan tumbuh  banyak, sehingga pada saat kita serangan jantung di pembuluh darah A maka pembuluh darah lainnya bisa menyuplai pembuluh darah yang buntu," tambahnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES