Jumat, 4 Sya'ban 1439 / 20 April 2018

Jumat, 4 Sya'ban 1439 / 20 April 2018

Awas, Dua Minyak Ini Bisa Buat Payudara Remaja Pria Membesar

Ahad 18 Maret 2018 03:30 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Israr Itah

Tea tree oil

Tea tree oil

Foto: Boldsky
Minyak esensial tersebut mengandung bahan kimia yang menyerupai efek hormon wanita.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Paparan minyak esensial lavender dan tea tree dilaporkan dapat membuat payudara remaja pria membesar. Hal ini dikarenakan minyak esensial tersebut mengandung bahan kimia yang menyerupai efek hormon wanita.

Dilansir dari Independent, Sabtu (17/3), para ilmuwan Amerika Serikat telah mengindentifikasi kandungan kimia minyak esensial pada sabun, produk pembersih, dan obat rumahan. Penelitian ini berupaya mengungkap penyebab mengapa remaja pria mengalami kondisi yang disebut pre-pubertal gynecomastia.

Kondisi ini membuat payudara remaja pria tumbuh sebelum tiba masa pubernya. Kejadian tersebut awalnya masih langka namun sekarang menjadi semakin umum. Dokter memprediksi membesarnya payudara akibat adanya endocrine disruptors yang menghambat produksi hormon normal pada pria.

"Komunitas kami menganggap minyak esensial tidak berbahaya," kata J. Tyler Ramsey, ilmuwan dari National Institute of Enviromental Health Sciences sekaligus ketua tim peneliti studi ini.

"Akan tetapi penggunaannya harus diwaspadai karena menyebabkan efek 'endocrine disruptor'," imbuh Ramsey. 

Sejauh ini belum banyak diketahui apa efek samping 'endocrine disruptor'. Namun keberadaannya dihubungkan dengan obesitas pada anak, penurunan kesuburan, dan peningkatan risiko kanker.

Penggunaan sabun atau produk yang mengandung minyak esensial lavender atau tea tree secara ruti. disinyalir menimbulkan efek tumbuhnya payudara pada remaja pria. Akan tetapi bila pemakaiannya dihentikan maka efek sampingnya akan ikut menghilang.

Profesor Ieuan Hughes, anggota dari UK Society for Endocrinology sekaligus profesor emeritus bidang paediatric di Cambridge University menyebut temuan ini menjawab mengapa jaringan pada payudara bisa berkembang. Hughes mengatakan dirinya tertarik dengan hasil studi tersebut namun menolak berkomentar lantaran belum memegang data penelitian yang cukup.

Tea tree oil adalah minyak esensial atau minyak atsiri yang diekstrak dari tumbuhan Melaleuca alternifolia yang berasal dari Australia. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES