Friday, 4 Sya'ban 1439 / 20 April 2018

Friday, 4 Sya'ban 1439 / 20 April 2018

Bahaya Makan Terlalu Cepat Bagi Kesehatan

Jumat 16 March 2018 12:50 WIB

Rep: MGROL102/ Red: Yudha Manggala P Putra

Makan sendiri. Ilustrasi

Makan sendiri. Ilustrasi

Foto: Mother Nature Network
Makan setidaknya butuh waktu sekitar 30 menit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebiasaan mengunyah makanan secara cepat dapat mendatangkan masalah bagi kesehatan. Pakar jantung mengatakan, makan cepat dapat menambah berat badan dan masalah kesehatan.

Ahli jantung NYU Langone Dr. Nieca Goldberg dari American Heart Association menyatakan bahwa makan setidaknya butuh waktu sekitar 30 menit. Selain itu, hindari makan saat bekerja karena ini merupakan salah satu hal terburuk bagi kesehatan.

"Bila Anda makan perlahan, Anda lebih sadar akan makan Anda. Anda mengunyah makanan dengan benar dan memperlambat pencernaan. Melakukan hal itu juga membantu Anda merasa kenyang, ” kata Goldberg seperti dilansir TIME Health, Kamis, (15/3). 

Untuk mengurangi kebiasaan makan secara cepat, ia menyarankan untuk makan dengan teman, memotong makanan ke dalam ukuran yang lebih kecil, mengunyah lebih banyak, serta menarik napas dalam-dalam. "Bahkan jika itu kurang dari setengah jam, lebih baik daripada melakukannya dalam 10 menit saat Anda menjawab email Anda."

"Makanlah dalam situasi yang kondusif untuk makan-kita berbicara dapur, ruang makan, restoran. Jika di meja kerja Anda, Anda benar-benar perlu untuk tidak bekerja pada saat yang sama Anda makan," katanya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES