Saturday, 11 Ramadhan 1439 / 26 May 2018

Saturday, 11 Ramadhan 1439 / 26 May 2018

Bahan Makanan Ini Boleh Dikonsumsi tanpa Dimasak

Ahad 11 February 2018 10:46 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Dwi Murdaningsih

Es Ketimun

Es Ketimun

Foto: Natural Cooking Club
Aneka buah dan beberapa jenis sayur bisa dikonsumsi tanpa dimasak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengaturan pola makan (diet) raw food meyakini bahwa makanan lebih sehat jika dikonsumsi dalam bentuk alami tanpa dimasak atau diproses terlebih dahulu. Alasannya, suhu tinggi saat memasak dinilai akan merusak kandungan zat dan enzim natural (nabati) yang penting untuk pencernaan dan kesehatan.

Anggapan ini tidak sepenuhnya salah, namun tidak juga sepenuhnya benar. Pemanasan berlebih dalam mengolah bahan makanan memang dapat menurunkan daya cerna zat gizi. Namun, pemanasan juga diperlukan oleh sebagian bahan makanan untuk membuat zat gizi lebih mudah dicerna.

 

"Memang ada bahan makanan yang mengandung zat gizi dalam keadaan 'tersedia baik' sebelum dimasak. Itu tidak perlu dipanaskan," ujar ahli gizi Dr Rita Ramayulis DCN MKes dalam Seminar Gizi Carolus 2018 yang diselenggarakan oleh HIMA Gizi Sint Carolus, di RSCM.

 

Beberapa bahan makanan yang bisa dikonsumsi tanpa perlu dimasak adalah aneka buah dan beberapa jenis sayur. Jenis sayur yang bisa dikonsumsi tanpa perlu dimasak adalah ketimun, selada, seledri, daun kemangi dan makanan fermentasi. Makanan fermentasi ini contohnya adalah tempe dan tape.

 

Tempe, lanjut Rita, bisa dikonsumsi langsung tanpa perlu dimasak jika proses pembuatannya dipastikan higienis. Tempe yang diproduksi Rumah Tempe Indonesia misalnya, lanjut Rita, bisa langsung dipotong dan dinikmati dengan sambal tanpa perlu dimasak terlebih dahulu.

 

"Tempe memiliki kandungan omega tiga yang tinggi, kalau dipanaskan bisa hilang. Kayak salmon, beli mahal-mahal lalu dimasak, omega tiganya hilang," kata Rita.

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES