Kamis, 9 Ramadhan 1439 / 24 Mei 2018

Kamis, 9 Ramadhan 1439 / 24 Mei 2018

Sabun Antiseptik Khusus Kewanitaan Berbahaya Bagi Miss V?

Ahad 21 Januari 2018 09:03 WIB

Rep: Nora Azizah/ Red: Esthi Maharani

Pemilik kulit sensitif harus berhati-hati merawat kulitnya, salah satunya membatasi penggunaan sabun antiseptik.

Pemilik kulit sensitif harus berhati-hati merawat kulitnya, salah satunya membatasi penggunaan sabun antiseptik.

Foto: pdpics
Cukup membasuh area kewanitaan dengan menggunakan air bersih ph normal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggunaan sabun antiseptik untuk daerah kewanitaan ternyata tidak dianjurkan. Ketua Himpunan Onkologi Genikologi Indonesia Prof. dr. Andrijanto SpOG(K) mengungkapkan, perempuan sebaiknya tidak menggunakan jenis sabun demikian untuk wilayah kewanitaan.

"Efeknya bisa mematikan seluruh bakteri, padahal ada bakteri baik yang dibutuhkan di area kewanitaan," kata Andri dalam acara Diskusi Media Ngobrol Bersama Sahabat (Ngobras) dengan tema 'Mendorong Vaksin HPV Sebagai Program Vaksinasi Nasional' di Jakarta, Jum'at (19/1). Sabun antiseptik bisa membunuh jenis bakteri yang berada di wilayah Miss V tersebut.

Andri menjelaskan, untuk menjaga area kewanitaan sebaiknya cukup membasuhnya dengan menggunakan air bersih ph normal. Penggunaan air saja sudah cukup untuk menjaga kesehatan dan kebersihan Miss V. Penggunaan tisu setelah buang air kecil boleh saja dengan tujuan mengeringkan, bukan membersihkan.

"Setelah buang air kecil tetap dibersihkan atau dicuci dengan air, boleh dikeringkan dengam tisu," lanjut dokter yang berpraktek di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana ini.

Tidak dianjurkan apabila tisu digunakan untuk mencuci atau membersihkan Miss V usai buang air seni. Mengeringkan area Miss V juga dianjurkan karena HPV atau virus penyebab kanker serviks sangat menyukai daerah lembap.

Andri mengatakan, sabun antiseptik mungkin digunakan perempuan untuk terhindari dari HPV. Namun di sisi lain, bakteri baik yang ikut mati justru akan menyebabkan daerah kewanitaan menjadi rentan. Itu sebabnya air bersih menjadi elemen paling dianjurkan untuk kebersihan dan perawatan Miss V.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES