Sabtu , 13 January 2018, 06:30 WIB

Bila Anda Terus Merasa Kelelahan

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Yudha Manggala P Putra
Health
Kelelahan (Ilustrasi)
Kelelahan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika kopi, lagu yang bersemangat, dan tidur siang tidak berhasil menambah energi yang dibutuhkan bisa jadi hal tersebut adalah hal yang wajar. Namun jika terus-menerus merasa kelelahan bisa jadi tidak normal.

"Setiap Anda bangun dan tidak merasa seperti beristirahat, merasa grogi dan lelah sepanjang hati serta mencoba sesuatu untuk menahan agar tidak tertidur, itu adalah masalah," papar direktur medis dari Brigham and Women's Hospital, Lawrence Epstein.

Dalam beberapa kasus, kelelahan bisa menjadi pertanda masalah kesehatan, namun sebagian besar karena kurang tidur. Namun mengganti tidur di hari lain bukan jalan keluar yang baik. Berikut tips untuk membantu mendapatkan tidur malam yang baik dan tetap berenergi pada siang hari seperti dilansir pada laman Refinery29:

1. Olahraga ringan di pagi hari
"Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk berolah raga. Karena dapat menaikkan perasaan mood dan membuat seseorang lebih merasa waspada sepanjang hari," kata ahli syarag dari Weill Cornell Medicine Center for Sleep Medicine, Daniel Barone. Namun jika tidak bisa melakukan olahraga pada pagi hari, seseorang dapat berolahraga sebelum waktu kerja berakhir, hal tersebut dapat membuat seseorang tidur lebih nyenyak di malam hari.

2. Sarapan yang layak
Semangkuk sereal manis bisa menjadi sarapan ringan tiap pagi. Namun makan makanan manis dapat mempercepat produksi energi dan kemudian merusaknya. "Untuk menjaga energi setiap hari, makanlah karbohidrat bersama protein dan lemak sehat. Contohnya oats, roti gandum, berry serat tinggi, alpukat, telur atau yoghurt," kaya praktisi diet asal New York, Tracy Lockwood.

3. Berdiri dan berjalan
Duduk setiap hari depan komputer dapat membuat seseorang merasa grogi. "Kita sering merasa mengantuk saat bekerja dengan posisi duduk. Cobalah berdiri, bergerak dan beraktifitas seperti biasanya. Bahkan bangun untuk menggunakan kamar mandi atau berbicara dengan rekan kerja juga penting," kata Barone.

4. Tidur siang singkat
Tidur siang dapat menjadi dua sisi pisau, karena jika tidur terlalu lama maka masalah kesulitan tidur malam akan muncul. "Kuncinya adalah tidur siang singkat jika ingin merasa segar kemudian. Umumnya tidurlah selama 20 sampai 30 menit di tempat nyaman," papar Epstein.