Rabu 10 Jan 2018 13:35 WIB

8 Hal Ini Tandakan Anda Sehat Walafiat

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri
Dengan tubuh dan jiwa yang sehat, seseorang bisa meraih potensi maksimalnya.
Foto: Republika/Prayogi
Dengan tubuh dan jiwa yang sehat, seseorang bisa meraih potensi maksimalnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan sehat tidak hanya sebagai ketiadaan penyakit, tetapi juga kondisi fisik, mental, dan sosial yang sejahtera.

Cara terbaik untuk memastikan kesehatan memang dengan memeriksakan diri ke dokter, tetapi beberapa hal berikut bisa jadi tanda-tandanya.

- Makan setelah lapar dan berhenti sebelum kenyang
Kebiasaan sederhana yang diajarkan Rasulullah SAW ini disepakati sebagai tanda tubuh seseorang dalam kondisi baik oleh ahli kesehatan. Menurut pakar diet Rachael Hartley, tubuh yang dengan sendirinya memberi sinyal lapar-kenyang demikian menunjukkan kesehatan prima.
 
- Pola makan seimbang
Porsi dan pola makan seseorang juga bisa menunjukkan kondisi kesehatannya. Mereka yang tidak pilih-pilih makanan dan jarang mengonsumsi makanan olahan lebih mungkin mendapat semua vitamin dan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk berkegiatan sehingga selalu sehat.
 
- Bisa mengatasi emosi
Kesehatan emosional sama pentingnya dengan kesehatan fisik, dan ada cara sederhana untuk mengukurnya. Dr Cindy Geyer, anggota koalisi //True Health Initiative// mengatakan, orang yang sehat adalah mereka yang bisa merasakan sekaligus mengatasi semua emosi yang dianggap positif maupun negatif.
 
- Bangun teratur
Jika Anda sudah berhasil bangun teratur pada jam yang sama setiap pagi tanpa bantuan alarm, bisa dibilang tubuh Anda sudah dalam kondisi sehat. Sebaliknya, kurang tidur menyebabkan hal-hal buruk bagi tubuh dan otak, termasuk risiko alzheimer, obesitas, stroke, dan diabetes.
 
- Tidak lekas mengantuk
Mengantuk adalah hal wajar, tetapi rasa kantuk yang terlalu sering bisa jadi tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres pada tubuh. Mereka yang tidak lekas mengantuk saat berkegiatan menunjukkan orang tersebut sudah melakoni gaya hidup sehat yang melibatkan jadwal tidur teratur.
 
- Selalu berenergi
Memang terdengar tidak spesifik, namun merasa selalu berenergi saat berkegiatan merupakan pertanda kesehatan tubuh dalam kondisi bagus. Energi itu bisa berupa energi fisik dan energi emosional yang membuat Anda bersemangat melakukan aktivitas harian, dikutip dari laman Business Insider.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement