Selasa 12 Dec 2017 05:47 WIB

Mengidentifikasi Penyakit Lewat Golongan Darah

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Indira Rezkisari
Ilustrasi Golongan Darah
Foto: Foto : MgRol_92
Ilustrasi Golongan Darah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manusia memiliki beberapa jenis golongan darah yakni A, B, O, dan AB. Tiap golongan darah juga memiliki dua jenis Rhesus (Rh), positif dannegatif.

Kedua parameter ini dapat mengungkapkan identifikasi risiko kesehatan setiap golongan darah. Ada antigen yang berbeda atau zat asing yangmenginduksi respons imun dalam tubuh pada permukaan sel darah merah.

Hal ini membuat setiap golongan darah resisten terhadap satu jenis penyakit dan rentan terhadap beberapa penyakit lainnya.

Seperti yang dilansir dari Times of India, jika mempertimbangkan golongan darah dan Rh, maka inilah beberapa jenis penyakit yang berisiko untuk setiap golongan darah.

Penyakit Jantung

Orang dengan golongan darah O memiliki risikolebih rendah terkena penyakit jantung koroner. Mereka yang memiliki golongan darah AB dan B memiliki risiko lebih besar terkena penyakit jantung.

Penyakit Maag

Golongan darah O lebih rentan terhadap penyakit maag dibanding dengan golongan darah lainnya. Mereka cenderung mengalami sakit maag.

Penggumpalan Darah

Orang dengan golongan darah tipe A dan B memiliki risiko 30 persen untuk mewarisi kondisi ini. Orang dengan golongan darah O memiliki risiko pembekuan darah lebih rendah. Selain itu, golongan darah AB memiliki 20 persen risiko kondisi kesehatan ini.

Kanker Lambung

Orang dengan golongan darah O relatif berisiko rendah terkena kanker lambung. Tapi semua jenis darah lainnya, terutama golongan darah A memiliki kesempatan lebih besar terkena kanker lambung.

Kanker Pankreas

Golongan darah O memiliki kemungkinan lebih rendah terkena kanker pankreas. Sedangkan orang dengan golongan darah A memiliki 32 persen dan golongan darah AB memiliki 51 persen risiko terkena kanker pankreas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement