Ahad 10 Dec 2017 09:21 WIB

Sarapan yang Disarankan Usai Begadang di Malam Hari

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Joko Sadewo
Sarapan sehat diantaranya mengandung gandum, susu, buah, dan kacang-kacangan.
Foto: Republika/Gita Amanda
Sarapan sehat diantaranya mengandung gandum, susu, buah, dan kacang-kacangan.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Musim liburan amat berpotensi membuat seseorang begadang semalam suntuk bersama keluarga atau sahabat. Kabar buruknya, orang tersebut akan terbangun dalam kondisi lelah dan kurang istirahat keesokan harinya.

Chef Jozef Youssef yang mendalami gastronomi molekuler, menyarankan menu sarapan yang tepat agar hal itu tidak terjadi. Pria yang berdomisili di London, Inggris, itu menyebutkan sejumlah asupan yang bisa membuat seseorang segera pulih.

Menu tersebut terdiri dari telur, daging, jamur, buncis, alpukat, dan bayam, yang masing-masing memiliki nutrisi serta khasiat khusus untuk mengembalikan kebugaran. Kombinasi itu dilengkapi dengan bubur pisang plus madu, serta segelas jus jeruk.

Youssef menjelaskan, jamur dan buncis kaya vitamin B, sementara telur dan alpukat membantu mengembalikan fungsi liver. Daging asap kembali memasok asam amino untuk pemulihan fungsi otak, dan bayam akan menetralkan asam lambung.

Bubur pisang pun bukan sekadar pemanis, tetapi sebagai asupan potassium, magnesium, dan karbohidrat yang meningkatkan hormon bahagia serotonin. Terakhir, jus jeruk mengganti glukosa yang mungkin hilang sepanjang malam yang melelahkan.

Youssef bekerja sama dengan layanan pesan antar makanan Uber Eats dan LEON dalam menghadirkan menu yang dijuluki "Fix up Feast" tersebut. Ia menyebut tiap elemen menu memiliki efek tepat guna yang semakin hebat saat dikombinasikan.

"Saya suka menciptakan menu yang tidak hanya terasa lezat tetapi juga terbukti memberikan efek baik secara ilmiah," ujar chef pencetus Kitchen Theory itu, dikutip dari laman Metro.

 
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement