Rabu , 22 November 2017, 09:18 WIB

Sediakan Ini untuk Hindari Kuman di Toilet Umum

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Republika/Neni Ridarineni
Toilet umum.
Toilet umum.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menemukan toilet yang bersih dan layak pakai menjadi pekerjaan rumah tersendiri saat bepergian, terlebih ke daerah yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Kita tidak tahu seberapa steril toilet yang akan dipakai sementara kebutuhan buang air sudah mendesak.

Menggunakan toilet umum yang tidak bersih bisa memicu penyebaran kuman dan berpotensi menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK). Pendiri PeeSafe Vikas Bagaria dan ginekolog Radix Health Care, Renu Malik, menyarankan agar selalu membawa barang-barang berikut untuk menghindarinya.

Tisu dan hand sanitizer
Tisu kering, tisu basah, dan cairan pembersih tangan tanpa air adalah barang wajib yang harus dibawa saat bepergian. Minimal, sederet barang ini mengurangi kontak dengan kuman yang tak terlihat di perjalanan.

Toilet seat sanitizer
Produk berbentuk spray ini bisa membantu membersihkan dudukan toilet sebelum dipakai. Caranya sangat mudah, hanya tinggal menyemprotkan cairan sanitasi ke dudukan toilet untuk memastikan kebersihannya lebih terjaga.

Urination devices
Berjongkok atau duduk di kloset penuh kuman bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. Urination devices yang menyerupai saluran terowongan mini ini dirancang agar para perempuan bisa buang air kecil tanpa kulitnya menyentuh kloset.

Bubuk toilet
Bubuk toilet dengan bahan antiseptik ini membantu menekan bakteri dan mengurangi aroma tidak sedap pada toilet. Produk ini bisa digunakan ketika menjumpai toilet umum yang kondisinya kurang meyakinkan, dikutip dari laman Indian Express.


Berita Terkait