Selasa 21 Nov 2017 09:00 WIB

6 Sifat Normal Ini Sesungguhnya Ciri Psikopat

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Psikopat
Foto: Independent
Psikopat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebanyakan orang lebih mengenal karakteristik psikopat, yaitu tidak kenal empati, tidak pernah menyesali perbuatan, tampak memesona, dan cenderung memanipulasi orang sekitar untuk keuntungan pribadi. Namun, penelitian lebih jauh bisa mengungkap karakteristik seorang psikopat yang muncul dalam perilaku sederhana yang dianggap biasa.

Psikopat mencakup satu persen dari populasi manusia di dunia. Orang dengan karakteristik priskopat tidak harus menjadi pembunuh berantai. Pada 2005, ahli saraf, James Fallon mencoba memelajari aktivitas otak para psikopat, termasuk pembunuh di lab dan menemukan ada banyak kesamaan pola di otak mereka. ROLers, berikut adalah enam karakteristik psikopat yang ditunjukkan dalam sikap sehari-hari menurut penelitian terbaru, dilansir dari Mental Floss, Selasa (21/11).

Tertarik dengan berbisnis

Pekerjaan berbeda ternyata menunjukkan pribadi berbeda. Orang pemalu merasa tidak cocok berbisnis, namun orang yang ramah dan terbuka cocok dengan pekerjaan ini. Studi 2017 di Denmark menganalisis bagaimana ciri kepribadian berkorelasi dengan pilihan jurusan kuliah, dan hasil akhir yang mereka peroleh diukur dengan indikator Dark Triad, yaitu narsisme, machiavellianisme, dan psikopat.

Psikopat cenderung tertarik pada dunia bisnis dan memelajari ilmu ekonomi, ketimbang hukum atau psikologi. Peneliti membeberkan alasannya untuk mendapat kekuatan, status, dan uang. Psikopat yang tidak bermoral akan menjadi oknum di dunia bisnis.

Jarang menguap dan menangis

Menjadi psikopat sering dikaitkan dengan kurangnya empati untuk orang lain. Ada ciri yang lebih dalam ketimbang empati ini. Salah satu teori yang diambil peneliti adalah respons empati itu sendiri. Peneliti melibatkan 135 mahasiswa di Texas pada 2015. Siswa yang terindikasi psikopat jarang menguap dan jarang menangis saat menonton video atau menyaksikan kejadian di depan mata. Mereka dinilai bermasalah dengan empati.

Suka begadang

Psikopat tidak pernah mau tidur lebih awal. Mereka suka begadang. Sampai batas tertentu, ritme sirkadian genetiknya berubah sepanjang hidupnya. Mereka cenderung antisosial karena sering terjaga di larut malam.

Suka Eminem

Studi di New York University menunjukkan orang-orang terindikasi psikopat biasanya menyukai lagu-lagu Eminem, seperti 'No Diggity,' 'Lose Yourself,' dan 'May Sharona.'

Sangat kreatif

Psikopat sangat kreatif. Pada 2016, ilmuwan Filipina mencoba mengukur kreativitas para psikopat. Jalan pikiran mereka sangat kreatif. Sebagian dari mereka menyalurkan kreativitasnya ke jalan yang benar, sebagian lainnya ke jalan yang salah atau jahat. Mereka yang jahat cenderung menggunakan kemampuannya unuk melanggar peraturan dan hukum.

Berteman dengan musuh

Psikopat dikenal sangat dingin dan sifat itu menyebabkan mereka tetap bisa memanipulasi orang lain, misalnya tetap berteman dengan musuh atau orang yang mengecewakan mereka sekali pun. Studi September 2017 di Oakland University menemukan dalam sampel 800 orang, bahwa orang dengan ciri-ciri psikopat mempertahankan hubungan dengan alasan pragmatis dan transaksional. Mereka juga cenderung narsis dan ingin dikagumi orang lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement