Senin 20 Nov 2017 08:48 WIB

Lima Puluh Persen Penderita Jantung Mewarisi dari Keluarga

Jantung
Foto: Ilustrasi (Youtube)
Jantung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter Spesialis Jantung dari RS Siloam Manado, Marsel Luntungan mengatakan, risiko penyakit jantung lebih besar kemungkinan terjadi kepada masyarakat yang memiliki riwayat dari keluarga pengidap sakit jantung, perokok, hipertensi, dan penyakit kencing manis.

"Risiko penyakit  jantung koroner, sesuai hasil penelitian 50 persen penderita jantung mewarisi dari keluarga. Apabila ada salah satu keluarga yang mengidap sakit jantung, sebaiknya sejak dini menjaga pola hidup sehat dan mengurangi konsumsi makanan atau kebiasaan buruk yang beresiko terhadap kinerja organ jantung," kata Marsel dalam siaran persnya, Senin (20/11).

Ahli Gizi  Ahmad Sulaeman mengatakan, pola makanan berserat dan membatasi jumlah makanan yang berkadar kolesterol tinggi sangat penting. Olahraga yang teratur dan cukup minum air mineral juga penting.

CEO RS Siloam Manado Diana Kawatu menjelaskan, kegiatan sosialisasi kesehatan yang dilakukan Siloam Manado kepada masyarakat Kota Manado, rutin dilakukan oleh pihaknya setiap bulan. “Ini upaya kami sebagai pelayanan kesehatan yaitu rutin menyampaikan informasi sehat kepada masyarakat agar informasi yang disampaikan tepat sasaran dan sampai kepada yang memerlukan informasi seputar kesehatan," ujar Kawatu.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement