Selasa , 14 November 2017, 10:43 WIB

Bulu Halus di Area Kewanitaan, Normalkah?

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Indira Rezkisari
Republika/Prayogi
Tak hanya pria, wanita juga memiliki bulu halus di sejumlah bagian tubuhnya.
Tak hanya pria, wanita juga memiliki bulu halus di sejumlah bagian tubuhnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulu-bulu halus memang kerap tumbuh di areal intim, seperti sekitar kemaluan. Namun bulu halus yang tumbuh di sekitar puting masih dianggap sesuatu yang jarang terjadi.

Bagi Anda yang mengalami tumbuhnya bulu halus di daerah tersebut, tak perlu khawatir, karena itu adalah hal yang alami dan normal terjadi. Tumbuhnya bulu halus pada kantong kelenjar yang kecil dan sempit (folikel) di area payudara dan puting, pada dasarnya sama dengan tumbuhnya bulu-bulu halus di area tubuh lain.

Perlu diketahui, tumbuhnya bulu halus pada area puting dapat disebabkan banyak hal yang wajar, seperti naik turunnya hormon, seperti saat wanita mengalami masa pubertas atau memasuki fase kehamilan. Pada kasus tertentu, bulu halus di sekitar puting juga dapat menjadi gejala penyakit ovarium polikistik, yaitu gangguan hormonal yang menyebabkan pembesaran ovarium dengan timbulnya kista kecil di tepi luar.

Penyebab ovarium polikistik hingga saat ini belum begitu dipahami, tetapi dipercaya melibatkan perpaduan faktor genetik dan lingkungan. Gejala penyakit ini berupa menstruasi yang tidak teratur, pertumbuhan rambut berlebih, jerawat, dan obesitas. Namun dalam kasus lain, penyakit ini juga bisa disebabkan karena mengonsumsi obat tertentu yang berfungsi memicu pertumbuhan.

Meski dikategorikan sebagai hal yang langka, namun para ahli mengklaim bahwa terdapat sekitar 30 persen wanita yang mengalami tumbuhnya bulu halus di areal puting. Di sisi lain, banyak pula wanita yang berpikiran untuk menghilangkan bulu halus tersebut, dan tidak ada larangan untuk itu jika memang tak menginginkannya.

Banyak cara pula yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bulu-bulu halus yang dianggap merusak penampilan tersebut, seperti mencabutnya dengan pencabut (plucker), waxing, atau laser penghilang bulu yang menyakitkan dan dibanderol dengan harga tinggi. Namun pilihan tetap ada di tangan Anda.

Bagi yang beranggapan bahwa wanita tidak seharusnya memiliki bulu-bulu halus di tempat yang tidak seharusnya, tentu disarankan untuk menghilangkannya dengan salah satu cara tadi. Namun perlu dipahami, tumbuhnya bulu halus di area intim tubuh, termasuk areal puting adalah hal yang normal dan tidak ada keistimewaannya dibandingkan area tubuh lain, dilansir dari Times of India.

Berita Terkait