Selasa , 17 October 2017, 11:11 WIB

Makanan Ini Bantu Kurangi Gejala Alergi

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
pixabay
Smoothie dari bayam
Smoothie dari bayam

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Gejala alergi ternyata bisa dikurangi dengan mengasup makanan dan minuman alami. Berikut daftar makanannya, menurut konsultan kesehatan dan chef holistik Lee Holmes dari Sydney, Australia.

Matcha
Minuman yang patut dicoba untuk meredakan gejala alergi adalah matcha, dengan nutrisi setara 10 cangkir teh hijau biasa. Minuman kaya antioksidan tersebut bisa melindungi tubuh dari serangan flu sampai risiko penyakit jantung, selain fungsinya memperlancar metabolisme tubuh.

Buah beri
Buah beri disebut Lee sebagai kudapan sehat rendah gula tetapi menambah banyak energi. Beri kaya vitamin C sehingga bisa dibilang sobat baik bagi imunitas, selain kandungan antioksidan yang mencegah kerusakan sel serta kemunculan gejala alergi.

Bayam
Lee menyebut bayam sebagai sayuran antialergi, dengan nilai gizi yang kaya serta sumber zat besi nabati penjaga kesehatan usus. Jika tidak menyukai bayam untuk diolah jadi sayur atau smoothie, ia menyarankan untuk menggantinya dengan sayuran hijau lain.

Alpukat
Alpukat mengandung 12 nutrisi esensial, selain lemak yang penting untuk penyerapan gizi serta sederet vitamin dan mineral penting. Lee menjadikan alpukat buah wajib untuk disulap jadi smoothie bertekstur creamy dengan rasa lezat.

Kacang pistacio
Imunitas yang kuat berasal dari diet seimbang dengan nutrisi dalam jumlah tepat, terutama protein. Kacang pistacio yang lezat sangat kaya protein dan kandungan vitamin B untuk memberi dorongan energi ekstra pada saat mengalami gejala alergi.

Pisang
Buah kaya mineral dan kalium ini bisa mengurangi gejala alergi, menyeimbangkan tekanan darah, sampai melancarkan pencernaan. Lee merekomendasikan makan pisang sebelum berolahraga yang akan mengurangi risiko kram otot,dikutip dari laman Daily Mail.