Senin 16 Oct 2017 22:26 WIB

Jenis Olah Raga Terbaik Bagi Tubuh Menurut Studi

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Berenang
Foto: Boldsky
Berenang

REPUBLIKA.CO.ID, BOSTON -- Dampak baik olah raga bagi tubuh telah disepakati hampir seluruh pakar di dunia. Sebagai pelengkap, pakar di Harvard Medical School di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, mengungkap jenis olah raga terbaik bagi tubuh.

Studi dilakukan oleh seorang profesor bidang pengobatan bernama I-Min Lee dalam laporannya yang berjudul "Starting to Exercise". Berikut lima jenis olah raga yang dianggap terbaik beserta alasannya, dikutip dari laman Metro.

Berenang

Berenang dikategorikan sebagai bentuk olah raga yang sempurna. Saat berenang, hampir seluruh otot tubuh digunakan sehingga meningkatkan detak jantung, meredakan depresi dan stres, serta melindungi otak dari penuaan dini.

Tai chi

Gerakan perlahan dan meditatif ini baik untuk meningkatkan konsentrasi dan menenangkan pikiran. Lee menyebut olah raga ini baik untuk orang yang lebih tua karena melatih keseimbangan dan kebugaran yang mulai terkikis.

Latihan beban

Berlatih mengangkat beban berat atau ringan, seperti push up, bisa berguna meningkatkan kekuatan otot. Lee menyarankan latihan angkat beban selama 10 menit sehari dengan lima variasi gerakan berbeda, minimal dua kali dalam sepekan.

Jalan kaki

Berjalan santai dengan kecepatan sedang selama 30 menit setiap hari disebut Lee berdampak baik bagi tubuh dan otak. Ia mengutip studi lain yang menemukan bahwa lansia berusia 60 sampai 88 tahun dengan kebiasaan itu memiliki memori yang lebih baik.

Senam kegel

Gerakan senam kegel bertujuan mengencangkan otot panggul bawah, dan disarankan melakukannya sekitar 30 detik sehari. Olah raga ini perlu untuk lelaki maupun perempuan, karena otot rahim, kandung kemih, usus halus, dan rektum mulai melemah seiring bertambahnya usia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement