Jumat , 13 Oktober 2017, 13:58 WIB

Kiat Agar Mata tak Cepat Lelah di Depan Komputer

Rep: Christyaningsih/ Red: Yudha Manggala P Putra
Boldsky
Mata jangan terlalu sering melihat komputer. Kegiatan seperti in jelas menjadi salah satu penyebab utama mata kering.
Mata jangan terlalu sering melihat komputer. Kegiatan seperti in jelas menjadi salah satu penyebab utama mata kering.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Baru-baru ini seorang wanita di Cina harus mengalami kebutaan parsial akibat terlalu lama menatap layar komputer. Wanita berusia 21 tahun ini mengaku selama 24 jam bermain game tanpa henti. Saking kecanduannya, ia bahkan tidak beristirahat sekadar untuk makan.

Akhirnya ia divonis mengidap retinal artery occlusion (RAO) sehingga mata sebelah kanannya buta. Sejatinya RAO adalah penyakit yang biasa menyerang manula dan sangat jarang ditemukan pada kaum muda.

Namun akibat aktivitasnya di depan komputer, gadis tersebut harus mengidap RAO. Dikutip dari laman Boldsky, berikut beberapa kiat bagaimana menggunakan komputer yang sehat.

1. Periksa Mata
Pemeriksaan mata penting dilakukan untuk mengetahui kesehatannya. Pengguna komputer aktif sebaiknya memeriksakan mata ke dokter setidaknya setahun sekali.

2. Pencahayaan Tepat
Mata akan cepat lelah ketika menghadap ke arah cahaya yang terlalu terang. Ketika anda menggunakan komputer, setel cahaya komputer setengah lebih redup daripada cahaya yang ada di ruangan.

3. Jauhi Pantulan Menyilaukan
Pantulan cahaya yang menyilaukan mata dapat membuat mata cepat lelah. Anda bisa memasang filter atau pelapis transparan di depan layar komputer sehingga mengurangi pantulan cahaya. Jika anda menggunakan kaca mata, pilihlah lensa dengan lapisan coating anti-silau.

4. Sering Berkedip
Sering-seringlah mengedipkan mata jika sedang menatap layar komputer. Mereka yang sedang sibuk di depan komputer punya kecenderungan jarang berkedip. Kerap berkedip akan mencegah bola mata kering. Ini adalah salah satu tips terbaik untuk menghindari mata cepat lelah.

5. Istirahat
Demi mengurangi rasa lelah pada mata saat menatap komputer, ambillah rehat. paling tidak ambillah waktu lima menit secara teratur untuk mengalihkan pandangan dari layar komputer.