Kamis , 12 Oktober 2017, 09:31 WIB

Pakar Anjurkan Jaga Kesehatan Tubuh Seperti Kate Winslet

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Reuters
Kate Winslet
Kate Winslet

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timbangan menjadi monster menakutkan bagi sebagian besar orang. Banyak orang masih tidak bisa menerima kenyataan hidup usai mengukur bobot tubuhnya.

Padahal, menimbang berat badan tidak terlalu berguna untuk menunjukkan tubuh yang ideal. Contoh saja, artis Kate Winslet yang sudah 12 tahun tidak menimbang berat badannya. Dia bahkan tidak tahu bobot tubuhnya ada di angka berapa. Dan, itu tidak masalah bagi dia.

Salah satu hal yang dia senangi, lebih mementingkan kebugaran tubuh ketimbang bobot tubuh. Daripada pusing memikirkan menurunkan berat badan, pemeran film Titanic ini lebih suka ke ahli kebugaran untuk mendorong masyarakat menerapkan kehidupan sehat.

"Anda seharusnya tidak kehilangan berat badan, idealnya Anda ingin mempertahankan berat badan Anda tetap sama sementara semakin kecil," ujar pelatih pribadi untuk atlet elit dan bintang, Rich Tidmarsh dikutip dari Independent.

Jika seseorang ingin menjadi lebih sehat, ia harus memilki otot dan kehilangan lemak. Dengan cara itu tubuh akan semakin kecil, tapi tidak harus lebih ringan.

Otot lebih padat daripada lemak. Konsep itupun sering dikenal dengan otot memiliki berat lebih dari lemak, satu kg lemak menghabiskan lebih banyak ruang daripada satu kg otot.

"Otot tiga kali lebih padat lemak (jadi lebih berat)," kata pelatih pribadi Nicola Addison.

Lemak akan memakan banyak ruang sebanyak 19 persen lebih besar dari otot. Sebab itu, rekaman detail akan diberikan jika seseorang menimbang berat badan, untuk melihat apakah lebih banyak otot atau lemak yang berada dalam tubuh.

Ahli gizi Gav Gillibrand menyatakan, skala adalah alat yang paling tidak efektif untuk menilai kemajuan seseorang ketika harus kehilangan lemak tubuh. Dia menyarankan untuk berfokus pada tiga faktor, dimensi dan ukuran tubuh, lemak, dan kinerja.

"Siapa saja bisa membatasi kalori dan'menurunkan berat badan'. Pada diet ketat, sebagian besar penurunan berat badan berasal dari air dan otot," kata Gillibrand.

Gillibrand meyakinkan, ketimbang melihat angka timbangan, seharusnya orang berusaha memperbaiki kinerja seperti lebih banyakmelakukan olahraga. Dengan memperbanyak latihan akan membangun otot dan menjadi lebih kuat, apalagi jika dikombinasikan dengan konsumsi protein tinggi, lemak baik, dan diet rendah karbohidrat.

"Jika Anda tetap fit dan sehat, Anda berpotensi hidup lebih lama, menurunkan tekanan tubuh, meningkatkan kepadatan tulang, mengurangi stres, meningkatkan kepercayaan diri, memperbaiki tidur dan menambah nafsu makan," kata pelatih pribadi Tom Mans.

Mans menjelaskan, jika tetap ingin menimbang berat badan, pendekatan terbaik adalah menimbang diri tidak lebih dari sekali seminggu atau dua minggu, pada waktu yang sama dan pada skala yang sama. Kegiatan itu dengan syarat, yaitu jangan terlalu terobsesi penurunan berat badan.