Sabtu , 07 Oktober 2017, 13:14 WIB

Pita Merah Muda, Lambang Kesadaran Kanker Payudara

Rep: Novita Intan/ Red: Winda Destiana Putri
The Indian Express
Kanker Payudara.
Kanker Payudara.

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak dari kita sadar tentang warna pink menjadi simbol kesadaran kanker payudara internasional. Setiap bulan Oktober, orang-orang di seluruh dunia menyukai warna ini untuk mendukung bulan kesadaran kanker payudara.

Seperti dilansir dari laman The Indian Express, bagaimana warna pink menjadi simbol kesadaran akan kanker payudara? Gagasan umum adalah hubungan warna dengan feminitas namun ada lebih banyak pita warna pink.
 
Menurut United Breast Cancer Foundation, penggunaan pita untuk tujuan dimulai pada abad kesembilan belas. Pada masa itu, wanita sering terlihat mengenakan atau mengikat pita kuning ke pohon untuk mengingat orang yang mereka cintai di militer. Konsep ini mendapat popularitas di Amerika ketika, pada tahun 1979, Penny Laingen, istri seorang tahanan yang ditahan selama krisis sandera Iran, mengikat pita kuning di pohon di luar rumahnya untuk menampilkan dukungan diam untuk suami dan sandera lainnya.
 
Satu dekade kemudian, sebuah kelompok seni aktivis Visual AIDS meluncurkan Red Ribbon di acara Tony Awards pada tahun 1991. Mereka menggunakan pita merah terang, melingkarkannya dan menempelkannya di dada aktor Jeremy Irons.
 
Seorang survivor kanker payudara, Charlotte Hayley, memperkenalkan pita kesadaran kanker payudara berwarna peach. Sebuah kartu yang dilekatkan pada pita itu dibacakan, "Anggaran tahunan National Cancer Institute adalah 1,8 miliar dolar AS, dan hanya 5 persen yang menggunakan pencegahan kanker. Bantu kami membangunkan legislator dan Amerika dengan mengenakan pita ini," kata dia.
 
"Dia didekati oleh Alexandra Penney, pemimpin redaksi majalah Self, yang ingin menyesuaikan konsep Hayley dengan bekerja dengannya, namun Hayley menolak menyatakan bahwa majalah Self terlalu komersial," ungkapnya.
 
Terinspirasi oleh pita merah, Susan G. Komen Foundation juga membagikan pita merah muda kepada semua korban kanker payudara. Kemudian, Alexandra Penney, pemimpin redaksi majalah Self, dan Evelyn Lauder, Wakil Presiden perusahaan Estee Lauder dan seorang survivor kanker payudara sendiri mendirikan Yayasan Penelitian Kanker Payudara dan membentuk pita merah muda sebagai simbolnya.
 
Bulan Kesadaran Kanker Payudara pertama diadakan pada bulan Oktober 1986, dan pita merah muda menjadi simbol internasional pada tahun 1991. Segera, setiap organisasi besar terlihat mendukung pita tersebut dan tahun 1992 diumumkan sebagai 'Year of the Ribbon' oleh New York.