Kamis , 14 September 2017, 14:26 WIB

Jantung Perempuan Lebih Kuat Sebelum Menopause

Red: Yudha Manggala P Putra
Dokumen
Senam yang diperagakan oleh instruktur dan komunitas jantung sehat RSI Sultan Agung.
Senam yang diperagakan oleh instruktur dan komunitas jantung sehat RSI Sultan Agung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter Spesialis Kardiovaskular Dr. Jetty RH Sedyawan mengatakan jantung perempuan lebih kuat sebelum menopause karena tubuh masih memproduksi hormon esterogen.

"Jatung terlindungi oleh esterogen, hormon ini membuat pembuluh darah lebih lentur," kata Jetty di Jakarta, Kamis (14/9). Oleh sebab itu jantung perempuan sebelum menopause lebih kuat dibandingkan dengan jantung laki-laki.

Perempuan yang telah memasuki masa menopouse lebih rentan terkena serangan jantung karena profil lemaknya berubah, pembuluh darahnya sudah kaku dan penyebab lainnya. Dia mengatakan di bawah 40 tahun lebih banyak pria yang terkena serangan jantung dibandingkan perempuan.

"Perbandingannya enam pria banding satu perempuan yang terkena serangan jantung di bawah umur 40 tahun. Namun setelah menopause, perempuan sama rentannya dengan pria," kata dia.

Meski hormon esterogen dapat melindungi jantung, namun kenyataannya saat ini banyak perempuan muda yang sudah terkena serangan jantung. Menurut Jetty hal itu disebabkan karena pola hidup yang buruk seperti merokok, kurang tidur, makan garam berlebih, dan kurang olah raga.

"Agar terhindar dari serangan jantung maka harus menerapkan pola hidup sehat dan pengelolaan stress yang baik," kata dia.

Sumber : Antara