Rabu 30 Aug 2017 01:10 WIB

KPAI Dukung Imunisasi Rubellla

Rep: RR Laeny Sulistyawati/ Red: Teguh Firmansyah
Petugas Puskesmas Sindangbarang Bogor memberikan imunisasi campak Rubella kepada siswa di SD Insan Kamil, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/8).
Foto: ANTAR FOTO
Petugas Puskesmas Sindangbarang Bogor memberikan imunisasi campak Rubella kepada siswa di SD Insan Kamil, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) berupaya untuk berpartisipasi mendukung imunisasi Measles Rubella (MR). Wakil Ketua KPAI, Rita Pranawati mengatakan, KPAI berupaya berkontribusi mendukung menyukseskan pelaksanaan imunisasi MR yang digelar Agustus-September 2017 dengan melakukan klarifikasi. 

"Kami melakukan klarifikasi terhadap permasalahan yang masuk di kami," ujarnya, di Jakarta, Selasa (29/8).

Isu-isu ini kemudian dikumpulkan KPAI dan memanggil unsur-unsur yang terlibat. Ini diperkuat dengan temuan-temuan di lapangan. Kemudian para ahli yang menjelaskan prosesnya seperti apa.

Setelah melakukan klarifikasi yang beredar, pihaknya melakukan konfirmasi dan memberi rekomendasi-rekomendasi, termasuk ke Kemenkes, Selasa (29/8) hari ini.

Di antaranya tenaga kesehatan diminta melakukan improvisasi informasi imunisasi untuk mewujudkan target keberhasilan imunisasi MR. Ia menegaskan, KPAI mendukung imunisasi dan negara memiliki kewajiban untuk memberikan imunisasi tersebut. Apalagi, kata dia, imunisasi ini merupakan wujud pemenuhan hak anak.

Komisioner KPAI Kasra Putra menambahkan, KPAI memiliki jaringan dengan lembaga-lembaga anak di tingkat atau level bawah. Dengan jaringan dan koneksi itu, pihaknya mendorong lembaga terkait supaya menyukseskan 100 persen keberhasilan imunisasi ini. Ajakan itu bisa disampaikan melalui Whatsapp, Facebook.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement