Senin , 21 Agustus 2017, 05:16 WIB

Lakukan Hal Ini Jika Mata Kemasukan Benda Asing

Rep: Rossi Handayani/ Red: Indira Rezkisari
Max Pixels
Kesehatan mata harus diperhatikan.
Kesehatan mata harus diperhatikan.

REPUBLIKA.CO.ID, Saat benda asing masuk ke mata, Anda akan langsung mengetahuinya. Entah itu bulu mata, partikel debu, atau pasir kecil. Kemungkinan akan terasa sangat menyebalkan, sehingga Anda tidak dapat memusatkan perhatian pada hal lain sampai benda itu dilepas.

Akan sangat penting jika bisa mengeluarkan partikelnya, selain sangat menyakitkan, benda asing di mata juga dapat berisiko terkena infeksi. Apabila hal ini terjadi, inilah yang seharusnya dilakukan.

Lakukan dengan lembut
Saat benda asing masuk ke mata, naluri pertama anda adalah dengan menggosoknya. Menurut Randy McLaughlin, OD, seorang dokter mata di Ohio State Wexner Medical Center, mencoba menggosoknya dengan lembut untuk melepaskannya akan baik-baik saja. Lebih baik, lakukan dengan mencuci tangan dengan sabun, dan air.

Jika menggosoknya dengan kasar, ini bisa berakhir dengan abrasi kornea yang menyakitkan. Anda juga tidak boleh mencoba mengeluarkan benda yang besar dari mata, segala sesuatu yang tampak tertanam, atau apapun yang memiliki sisi kasar, segera pergi ke dokter.

Bersihkan dengan Air
Dr. McLaughlin mengatakan, memercikkan benda dengan air bersih biasanya sering dilakukan sebagai trik untuk menghilangkan partikel di mata. "Arahkan mata dengan air ke wastafel, atau anda mungkin ingin  ke kamar mandi. Penetes mata yang terisi air bersih juga bisa membantu," kata dia, dilansir dari laman Health.

Kunjungi Dokter
Dr. McLaughlin mengatakan, kesalahan terbesar yang dilakukan orang hanyalah mengabaikan benda asing selama berhari-hari. "Jika anda masih bisa merasakannya dan tidak bisa mengeluarkannya, anda mungkin perlu menemui dokter," katanya. Semakin lama partikel tetap berada di mata, semakin besar risikonya bisa menggores kornea, atau menjadi terinfeksi.

Dokter dapat menggunakan biomicroscope untuk melihat ke dalam mata, dan menentukan apakah partikel tersebut bersarang, atau tidak. Anda juga harus segera pergi ke dokter, jika mengalami sakit atau kemerahan di mata setelah mengeluarkan benda asing.