Sabtu 07 Oct 2017 06:03 WIB

Tempat Tidur Kotor Picu Kesehatan Buruk

Rep: Novita Intan/ Red: Indira Rezkisari
Tempat tidur.
Foto: flickr
Tempat tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki tempat tidur dengan sprei yang cantik dan bersih tentu akan membuat pemilik kamar merasa betah berlama-lama di atas ranjang.

Agar lebih sehat dan nyaman, seprei harus dicuci secara rutin setiap minggu. Sebab, sebagian besar waktu dihabiskan di atas ranjang setiap hari. Bahkan, 49 jam per minggu jika Anda tidur selama tujuh jam per malam.

Meski banyak orang sangat suka ada di atas ranjang, tapi mencuci sprei secara teratur terasa menjadi beban berat. Tak heran jika kebanyakan orang memilih menunda sprei hingga akhirnya berdampak buruk pada kesehatan.

Seperti dilansir dari laman Lifehack, menurut sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan di jurnal Experimental & Applied Acarology yang menarik, membuat tempat tidur menjadi tempat yang nyaman bagi kumpulan debu. Rata-rata, setiap tempat tidur mengandung lebih dari satu juta Dermatophagoides pteronyssinus, nama ilmiah untuk tungau debu.

Hewan mungil ini tinggal di tempat yang gelap dan lembap di kasur dan bantal Anda, memberi makan sel-sel kulit mati Anda dan mengeluarkan racun dari alergen yang dapat memicu gejala seperti asma. Ketika Anda merapikan tempat tidur Anda di pagi hari, Anda menjebak jutaan tungau debu di tempat tidur Anda, melindungi mereka dari pengeringan dan kematian di siang hari yang cerah dan memberi mereka tempat yang aman untuk makan, buang kotoran, dan berkembang biak.

Mahluk kecil ini suka diselipkan setiap pagi karena membuat mereka aman dari matahari dan hidup untuk melanjutkan siklus hidup kecil mereka yang menjijikkan malam berikutnya. Jika, seperti orang malas di antara kita, Anda melewatkan tidur di pagi hari, Anda menyelamatkan diri dengan membuka tungau debu ke atmosfir rumah Anda yang biasa.

Memindahkan udara dan sinar matahari terlalu keras untuk makhluk kecil ini. Mereka mati, membuat tempat tidur Anda sedikit kurang kotor di penghujung hari.

Jika setelah beberapa saat Anda bosan tidur di atas tungau debu kecil, Anda bisa memercikkan kasur Anda dengan baking soda dan kemudian menyedotnya setiap beberapa bulan untuk membersihkan tungau mati dan menyedot yang hidup.

Kapan pun Anda bisa mengekspos mereka ke udara dengan membantu mengeringkan mereka dan menyebabkan mereka mulai sekarat. Anda juga harus meningkatkan frekuensi Anda mencuci seprai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement