Selasa 25 Jul 2017 09:44 WIB

Lebih Sehat dengan Taburan Biji Chia di Makanan

Rep: Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari
Biji chia bisa diolah menjadi beragam makanan, misalnya puding.
Foto: PxHere
Biji chia bisa diolah menjadi beragam makanan, misalnya puding.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kita sering mendengar mengenai superfood seiring kepedulian manusia terhadap konsumsi makanan. Ketika mengetahui pengaruh makanan sehat bagi tubuh, makanan diet kini menjadi lebih spesifik. Tidak heran ketika chia seeds atau biji chia kian populer sebagai salah satu menu diet sehat.

Laman Lifehack menjelaskan, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari konsumsi biji chia. Menambahkan biji chia dalam makanan ternyata bisa mengontrol level gula darah. Hal tersebut dikemukakan sebuah studi dari Ontario, Kanada. Kemudian di dalam Journal of Molecular Biochemistry menyebutkan, kandungan Alpha Lineic Acid (AID) di dalam biji chia bisa menekan pertumbuhan sel kanker.

Biji chia juga berguna melindungi jantung, khususnya mengatur tekanan darah. Selain untuk kesehatan tubuh, anti oksidan yang tinggi di dalamnya juga memiliki efek positif bagi kulit.

Mengonsumsi biji chia secara teratur bisa membuat kulit lebih sehat dan memperlambat penuaan. Kaya akan serat dan protein juga membuat chia seeds efektif menurunkan berat badan.

Menyantap biji chia juga bisa didapatkan dari banyak cara. Beberapa olahan makanan kerap menggunakannya. Misalnya, banana bread, sereal, hingga puding sering menggunakan biji chia. Menambahkan biji chia di dalam yogurt, olesan selai, dan minuman smoothie juga bisa menjadi pilihan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement