Senin , 17 Juli 2017, 18:50 WIB

Saat Ini, Tren Penyakit Diabetes Muncul Lebih Awal

Red: Yudha Manggala P Putra
Huffingtonpost
Diabetes (Ilustrasi)
Diabetes (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Pakar penyakit dalam RS Panti Wilasa Citarum Semarang, Jawa Tengah, dr Yohanes Mada Suprayogi mengingatkan tren sekarang menunjukkan penyakit diabetes cenderung muncul lebih awal.

"Gangguan metabolik yang biasanya timbul di kemudian hari, sekarang lebih awal muncul," katanya usai dilantik sebagai Direktur RS Panti Wilasa Citarum Semarang di Semarang, Senin (17/7).

Artinya, kata dia, penyakit-penyakit metabolik, seperti kencing manis (diabetes), hingga hipertensi sekarang cenderung dirasakan pada usia relatif muda akibat salah dalam pola konsumsi makanan.

"Sebagai contoh, ada pasien saya baru 30 tahun sudah terkena kencing manis, kolesterolnya tinggi. Kenapa? Makannya tidak terkontrol. Ya, akhirnya keluhan muncul lebih awal," katanya.

Dengan pola konsumsi makan yang kurang sehat dan tidak dijaga, kata dia, kencing manis menjadi ancaman yang bisa muncul, termasuk gejala darah tinggi atau hipertensi juga akan muncul lebih awal.

Oleh karena itu, Mada menyarankan masyarakat untuk menjaga pola hidupnya, mulai pola makan, disertai dengan olahraga yang teratur agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

"Kalau pola hidupnya tidak dijaga maka penyakit segera muncul. Makanya, menjaga pola hidup, pola makan, dan olahraga secara rutin itu penting," katanya.

Selain itu, Mada mengingatkan penyakit diabetes sebenarnya tidak bisa disembuhkan secara total, tetapi penderitanya tetap bisa sehat secara terkontrol. "Sembuh total memang tidak. Ya, kuncinya jaga pola hidup, pola makan, minum obat secara rutin, dan kontrol rutin. Kalau tidak pernah kontrol secara rutin, bagaimana bisa tahu, misalnya kolesterolnya normal atau tidak?" kata Mada.

Sumber : Antara