Jumat 23 Jun 2017 11:56 WIB

Kolesterol Rendah Belum Berarti Sehat

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Penyakit kolesterol
Foto: ist
Penyakit kolesterol

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mungkin dari Anda ada yang memiliki kolesterol rendah dan merasa  aman untuk makan sepuasnaya saat berlebaran. Namun hati-hati, belum tentu Anda aman dari penyakit bawaan dari kolesterol.

Kolesterol memiliki tiga jenis, yaitu low-density lipoprotein (LDL), High-density lipoproteins (HDL), dan trigliserida. Kadar LDL dan trigeserin harus rendah untuk menempatkan kondisi kolesterol normal.

Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Pondok Indah - Bintaro Jaya dr. Franciscus Ari, Sp. PD menjelaskan jika tes kolesterol yang sering ada di apotek atau toko obat hanya menunjukkan jumlah kolesterol saja. Untuk mengetahui lebih detail, seharusnya Anda mengunjungi laboratorium.

"Sering kali jumlah kolesterolnya normal, namun kalau LDL atau trigliseridanya tinggi ya ini nggak bagus," ujar dr. Ari.

Anda mungkin tidak menyadari jika melakukan tes jumlah kolesterol saja jika hanya tes biasa. Perlu ada tes secara terperinci untuk mengetahui kadar masing-masing jenis untuk menempatkan Anda dalam posisi kolesterol normal.

Sedangkan setelah kolesterol tinggi, menurut dr. Ari, tidak akan mudah untuk turun kembali. Perlu ada tahapan untuk membuat jumlah LDL dan trigliserida menjadi normal, atau di bawah 100.

"Ini harus cek ke dokter dan baru bisa diketahui penurunannya setelah tiga bulan," kata dr. Ari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement