Kamis 22 Jun 2017 19:27 WIB

Biji dan Kulit Anggur Mampu Bunuh Sel Kanker Usus Besar

Rep: AHMAD FIKRI/ Red: Indira Rezkisari
Buah anggur
Foto: Republika/Amin Madani
Buah anggur

REPUBLIKA.CO.ID, Anda suka makan anggur? Apakah Anda terbiasa membuang biji anggur yang Anda makan? Jika ya, coba pertimbangkan ulang.

Senyawa-senyawa yang ada di kulit dan biji anggur mampu membunuh sel-sel kanker usus besar. Penemuan itu pun akan dikembangkan guna menjadikannya sebagai bagian dari terapi untuk pasien kanker itu.

"Kombinasi resveratrol yang banyak ditemukan di kulit anggur dan ekstrak bijinya sangat efektif membunuh sel kanker usus besar," ujar pakar ilmu makanan Pennsylvania State University Jairam KP Vanamala seperti dikutip dari Indian Express.

Vanamala mengaku, kombinasi senyawa itu pun tidak berbahaya untuk sel-sel sehat. Penemuan itu pun akan segera diajukan untuk uji medis. Kanker usus besar merupakan kanker yang berada di peringkat kedua dalam daftar kanker yang kerap terjadi pada perempuan. Sementara, untuk laki-laki kanker usus besar berada di peringkat ketiga.

Jika sukses, senyawa tersebut akan dikemas dalam pil untuk mencegah pertumbuhan kanker usus besar. Saat ini, peneliti telah berhasil membuktikan keampuhan senyawa tersebut pada tikus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement