Senin , 19 June 2017, 14:31 WIB

Mengeringkan Cucian di Dalam Rumah Berbahaya

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Esthi Maharani
ecoannarose.wordpress.com
Menjemur pakaian di bawah sinar matahari. Ilustrasi.
Menjemur pakaian di bawah sinar matahari. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi masyarakat perkotaan, ruang kosong sangat berharga. Salah satunya untuk urusan menjemur pakaian setelah dicuci. Beberapa warga kota, terutama yang tinggal di apartemen kecil memiliki kesulitan untuk menjemur pakaian. Beberapa orang akhirnya memilih untuk menjemur cuciannya di dalam rumah.

Dikutip dari Independent, kebiasaan mengeringkan cucian di dalam rumah justru bisa membahayakan kesehatan. Perhimpunan Asma Irlandia bahkan telah mengeluarkan peringatan untuk hal itu.

"Lingkungan lembab dapat memicu pertumbuhan jamur spora," ujar anggota perhimpunan Pheena Kenny.

Spora tersebut dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Jamur itu kerap tak bisa dilihat dengan mata telanjang.
Kenny mengaku, sistem imun seseorang akan melawan jamur itu dengan bersin atau batuk. Akan tetapi, jika orang itu tidak sensitif ia tidak akan merasakan apa-apa.

"Namun, untuk orang dengan asma jamur itu justru bisa menjadi pemicu gejala asma menjadi semakin buruk," ujar Kenny.

Kenny mengaku, spora Aspergillus fumigatus dapat menyebabkan infeksi paru-paru. Risiko ini pun tidak hanya untuk para pengidap asma, tapi juga untuk orang tua, bayi, dan anak-anak.  Kenny pun menyarankan untuk sebisa mungkin mengeringkan baju di luar rumah. Selain itu, bisa juga mengeringkan pakaian di ruangan yang memiliki ventilasi baik dan jauh dari kamar tidur serta ruang aktivitas keluarga.