Sabtu, 5 Sya'ban 1439 / 21 April 2018

Sabtu, 5 Sya'ban 1439 / 21 April 2018

Tidak Semua Tanda Lapar Perlu Makan

Ahad 18 Juni 2017 19:34 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari

Wanita sedang makan

Wanita sedang makan

Foto: pexels

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasa lapar ternyata tidak hanya karena kurangnya asupan makanan pada waktu tertentu. Banyak penyebab yang membuat perut terasa kosong padahal tidak.

Terkadang rasa lapar yang bukan karena kebutuhan perut membuat rencana penurunan berat badan hancur seketika. Sebab rasa lapar itu sering kali disebabkan oleh hal yang diciptakan sendiri.

Berikut ini beberapa faktor perut merasa lapar dari alasan normal yang biasa ada, dikutip dari Times of India, Ahad (18/6).

Saat perut menggeram

Ini jenis kelaparan yang tidak boleh diabaikan. Biasanya, kelaparan ini yang perlu diantisipasi sebab perut menggeram berarti makanan sebelumnya sedang dicerna. Namun, ada kemungkinan tubuh juga sedang meminta pasokan air lebih banyak, yang sering kali disalah artikan sebagai kelaparan.

Jam makan

Tubuh kita terbiasa makan dan mengonsumsi makanan ringan pada waktu yang tepat. Hal ini membuat tubuh secara sadar menyimpan kebiasaan tersebut dan tubuh akan langsung lapar.

Jadi jika tubuh terbiasa makan pukul 13.00 utuk makan siang, ternyata pukul 12.00 telah makan. Maka ketika memasuki pukul 13.00 tubuh akan menunjukan sinyal lapar meski perut sudah terisi satu jam sebelumnya.

Ngidam

Mengidam jenis kelaparan yang terjadi saat perut, pikiran dan hati mendambakan makanan yang telah hilang dari menu penurunan berat badan. Hal ini bisa menjadi berbahaya karena mungkin akan ada pesta dengan mengonsumsi makanan tersebut secara berlebihan.

Kelelahan secara emosional

Saat tubuh manusia mengalami berbagai emosi, seringkali tubuh terasa lelah. Kelelahan emosional ini seringkali bisa menyebabkan rasa lapar pada makanan manis untuk mengatasi emosi yang sedang dialami agar menjadi lebih baik.

Mencium bau makanan

Aroma makanan segar dari dapur atau saat melewati restoran favorit seringkali bisa menimbulkan rasa lapar. Bau tertentu mengaktifkan organ sensorik pada tubuh.

Misalnya, jika menyukai mi goreng, maka baunya akan sangat menggoda meski pun sedang tidak lapar. Tiba-tiba perut akan meminta untuk segera memakan hal sama dengan apa yang dicium hidung.

Tidak mendapatkan nutrisi yang tepat

Bila sedang taha penurunan berat badan, penting untuk memahami bagaimana mengonsumi nutrisi penting. Sebab mengikuti rencana kebugaran dan diet tertentu, seringkali menghabiskan nutrisi penting dari tubuh.

Bila nutrisi habis, justru tubuh lebih sering merasa lapar. Sebab itu, memotong lemak atau karbohidrat sepenuhnya dari makanan bukanlah pilihan yang paling bijaksana.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA