Friday, 7 Jumadil Akhir 1439 / 23 February 2018

Friday, 7 Jumadil Akhir 1439 / 23 February 2018

6 Makanan Kaya Vitamin A, yang Mana Favorit Anda?

Ahad 18 June 2017 16:31 WIB

Rep: SHELBI ASRIANTI/ Red: Indira Rezkisari

Wortel

Wortel

Foto: pixabay

REPUBLIKA.CO.ID, Meski terkesan sepele, cermat memilih makanan sehat harus dilakukan demi kesehatan tubuh. Makanan yang sehat utamanya buah, sayur, serta makanan dan minuman yang bebas pengawet.

Salah satu nutrisi penting untuk tubuh adalah vitamin A, yang bisa didapatkan dari sejumlah makanan berikut.

Hati sapi

Memesan menu hati sapi untuk makan malam adalah cara lezat untuk mendapatkan cukup vitamin A. Selain kaya vitamin A, hati sapi juga mengandung protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B1, dan vitamin C.

Wortel

Memakan wortel utuh ala tokoh kartun Bugs Bunny lumayan dianjurkan sebagai cara ideal memasok tubuh dengan stok vitamin A. Tapi, jika Anda kurang suka rasa wortel mentah, dapat mengolahnya jadi sup, tumis, jus, ataupun smoothie yang bisa disantap setiap hari.

Sayuran hijau

Brokoli, kale, dan bayam termasuk sayuran hijau yang sangat kaya vitamin A. Kreasikan jenis sayuran ini dengan meracik menu unik seperti brokoli saus keju, avocado kale quinoa salad, atau spinach ball untuk makanan pembuka maupun camilan saat senggang.

Telur

Meski sebagian besar orang masih memperdebatkan sisi sehat telur, banyak studi sudah menunjukkan manfaatnya, asal dikonsumsi secukupnya. Selain kaya protein, sebutir telur juga mengandung banyak vitamin A yang dibutuhkan tubuh untuk aktivitas harian.

Mentega

Para pakar tidak merekomendasikan Anda untuk makan beroles-oles mentega sekaligus setiap harinya. Namun, sedikit mentega yang dicampur minyak kelapa (atau jenis minyak lain) sebagai teman kudapan dan minum kopi akan bagus untuk menambah asupan vitamin A.

Labu

Labu kaya vitamin dan mineral, yang apabila diolah jadi sup hangat juga akan berkhasiat menghangatkan perut. Selain labu, ada ubi dan aprikot yang memiliki kandungan vitamin A dalam jumlah yang tidak kalah dibandingkan labu, dilansir dari laman Lifehack.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA