Rabu 07 Jun 2017 17:07 WIB

Puluhan Warga Ikuti Pengobatan Gratis RSIY PDHI Yogyakarta

Kegiatan pengobatan gratis RSIY PDHI.
Foto: Dokumen
Kegiatan pengobatan gratis RSIY PDHI.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Program bakti sosial RSIY PDHI Yogyakarta direalisasikan dengan menggelar pengobatan gratis kepada masyarakat Dukuh Semoya – Tegaltirto, Berbah, Sleman, Rabu (7/6).  Sebanyak 60 orang warga setempat datang untuk memeriksakan kesehatannya.

Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama RSIY PDHI dengan Stikes Surya Global serta kelompok Pemuda Dukuh Semoya. Bertempat di Aula Dukuh Semoya, pengobatan tersebut berjalan dengan lancar.

Kepala Unit Marketing RSIY PDHI, Agus Sutanto, menyebutkan pihaknya mengirimkan empat tenaga medis profesional dan dua orang tenaga dari Unit Marketing. Tenaga medis tersebut terdiri dari dokter, perawat. dan apoteker.

Selain tenaga medis dari RSIY PDHI, paparnya, pelaksanaan kegiatan bakti sosial juga didukung oleh para mahasiswa yang tergabung dalam kelompok KKN Mahasiswa Program Profesi Ners Stikes Surya Global.

Dimulai sejak pukul 08.00 WIB, kegiatan diisi dengan pelayanan cek kesehatan serta pemberian obat sesuai diagnosis masing-masing. Warga yang datang juga dapat berkonsultasi seputar kesehatan pada petugas kesehatan yang bertugas.

Selain memeriksa kesehatan, warga juga banyak mengeluhkan beragam penyakit. “Rata-rata keluhan kesehatan warga adalah pegal-pegal dan nyeri di bagian punggung, bahu, lengan, dan kaki. Ada juga yang mengeluhkan masalah hipertensi, diabetes, dan sakit kepala,” ujar Agus, dalam siaran pers.

Di samping 60 warga tersebut, ada satu pasien yang tidak bisa datang ke lokasi karena pasca operasi sehingga tim RSIY PDHI berkunjung ke rumah warga tersebut.

“Warga ini kebetulan usianya sudah sepuh, sekitar 70 tahunan dan terluka akibat terjatuh pasca operasi. Jadi kami datang untuk membersihkan luka dan melakukan perawatan secukupnya,” jelasnya.

Harapannya, lanjut Agus, dengan kegiatan ini masyarakat Dukuh Semoya - Tegaltirto terjaga kesehatannya, baik fisik, maupun psikisnya.

“Sesuai dengan tema yang diusung dalam program pengobatan gratis ini, yaitu Sehat Imannya, Sehat Jiwanya, dan Sehat Raganya untuk Semoya yang lebih baik,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement