Jumat 26 May 2017 03:01 WIB

Rahasia Ayah Ari Wibowo Tetap Bugar pada Usia 88 Tahun

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Wibowo Wirjodiprodjo
Foto: Adhysa Citra Ramadani
Wibowo Wirjodiprodjo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menginjak usia ke-88 tahun, Wibowo Wirjodiprodjo masih terlihat bugar dan mandiri dalam beraktivitas. Rahasia di balik kebugaran Wibowo ini ternyata cukup sederhana.

Ayah dari aktor Ari Wibowo dan Ira Wibowo ini mengaku sejak muda sudah membiasakan diri dengan pola makan yang sehat dan teratur. Berbagai jenis sayuran hingga protein sehat seperti ikan selalu menjadi menu makanan Wibowo sehari-hari.

"Ikan banyak manfaatnya seperti kata Ibu Susi (Menteri Kelautan dan Perikanan)," ungkap Wibowo dalam diskusi bersama Philips HealthTech Indonesia di Jakarta, akhir pekan lalu.

Selain pola makan yang terjaga sejak muda, Wibowo juga gemar melakukan olahraga secara teratur hingga saat ini. Pria kelahiran 20 Mei 1929 ini selalu meluangkan waktu untuk berjalan kaki atau melakukan aktivitas fisik lainnya.

Di samping fisik, kondisi psikologis juga perlu mendapatkan perhatian. Bagi lansia, salah satu hal terpenting yang disarankan Wibowo ialah menghindari rasa kesepian. Rasa kesepian dapat dihindari dengan melakukan berbagai kegiatan yang melibatkan interaksi dengan orang lain.

Bagi Wibowo, rasa kesepian dapat ia hindari dengan berjalan-jalan atau pergi berbelanja ke pasar. Selain berbelanja, Wibowo juga melakukan interaksi dengan para pedagang di pasar. Kedekatan yang tercipta dari interaksi ini diakui Wibowo membawa kebahagiaan tersendiri. "Kalau ada khitanan atau pernikahan anak, saya diundang. Itu sudah membuat bahagia, senang di hati," tambah Wibowo.

Stres juga merupakan salah satu faktor yang harus dijauhi agar bisa menua dengan sehat. Wibowo mengatakan rasa stres bisa dialihkan dengan melakukan berbagai kegiatan yang digemari seperti menyanyi atau berdansa.

Kiat menjaga kesehatan lain yang dilakukan Wibowo ialah kontrol kesehatan. Wibowo sendiri melakukan kontrol kesehatan secara rutin sehingga jika ada masalah kesehatan yang muncul dapat langsung ditangani lebih dini. "Itu yang ingin saya anjurkan untuk yang masih muda-muda," ujar Wibowo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement