Jumat , 19 May 2017, 14:02 WIB

Makanan Tersehat yang Paling Direkomendasikan Ahli Gizi

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Indira Rezkisari
pixabay
Kacang polong
Kacang polong

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di antara sejumlah makanan tersedia, tentu terdapat bahan yang sekiranya baik untuk kesehatan. Tidak saja baik dalam urusan diet, makanan yang direkomendasikan ahli gizi ini juga dianggap tersehat dibandingkan lainnya. Berikut ini sejumlah makanan tersehat yang perlu dikonsumsi, seperti dilansir Independent, Jumat (19/5).

Lidah Buaya
Daun lidah buaya ternyata menawarkan sejumlah manfaat gizi yang banyak bagi kesehatan. Ahli gizi Libby Limon mengatakan, komponen aktif daun ini dapat mendukung segala sesuatu mulai dari pencernaan hingga sistem kekebalan, keseimbangan gula darah dan kolesterol. Enzim dan serat yang dikandungnya bahkan dapat membantu menyerap nutrisi dari makanan lain dengan lebih baik. Mungkin saja bisa meningkatkan manfaat yang diperoleh dari sisa makanan sehat lainnya.

Teh hijau
Libby Limon menjelaskan, teh hijau baik untuk keseimbangan hormon, manajemen berat badan, detoksifikasi hati, sumber anti-oksidan dan pengurangan risiko pengembangan penyakit. Menurut dia, sudah ada banyak teh berkualitas rendah (teroksidasi dan non-organik) di pasaran. Namun sayangnya, ini kurang mendapatkan pemahaman tentang cara terbaik untuk menyiapkannya.

“Sehingga orang cenderung tidak meminumnya karena rasanya tidak enak,” ujar Libby.

Telur
Telur dapat disebut sebagai salah satu makanan paling bergizi di planet ini.  Semula makanan ini dianggap memiliki kolesterol tinggi. Namun sekarang sudah diterima secara luas bahwa kolesterol dietnya lebih berpengaruh ke arah positif daripada negatif.

Putih telur kaya akan protein yang akan membuat siapapun merasa kenyang. Sementara kuning telur penuh dengan vitamin, mineral dan berbagai nutrisi kuat. Telur juga mengandung antioksidan tinggi yang bisa melindungi mata dan memberikan nutrisi pada otak.

Kacang Polong
Ahli Gizi Jo Travers menjelaskan pentingnya memasukkan lebih banyak serat dalam makanan. Cara sederhananya dengan belajar mencintai kacang-kacangan. ''Saya penggemar berat serat. Sereal gandum seperti gandum, roti gandum dan beras merah serta buah dan sayuran adalah sumber yang sangat bagus, tapi favorit saya adalah kacang dan kacang polong,” ujar Joe.

Menurut dia, kandungan serat penting untuk kesehatan pencernaan seperti mencegah sembelit, menurunkan kadar kolesterol dan juga terkait dengan mengurangi peradangan. Bahkan, dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker dan perbaikan pada sistem kekebalan tubuh.