Jumat , 19 Mei 2017, 13:48 WIB

Hati-Hati Memilih Pembersih Area V

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Republika/Musiron
Daun sirih memiliki bahan alami yang baik untuk kebersihan organ intim.
Daun sirih memiliki bahan alami yang baik untuk kebersihan organ intim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk menjaga tetap higienis, biasanya para perempuan menyiasati dengan menggunakan produk pembersih. Namun, karena area V adalah area sensitif, maka perempuan perlu berhati-hati dalam memilih produk pembersih karena bisa jadi justru memberikan efek yang buruk bagi area V.

Menurut Debi Widianti, Sr. Category Lead Feminine Hygiene Consumer Health Care Sanofi Indonesia, produk pembersih untuk area V sebaiknya mengandung bahan alami.

"Seperti daun sirih yang dipercaya secara turun temurun sebagai bahan alami yang menjaga kebersihan daerah kewanitaan," ujar Debi.

Debu menjelaskan, daun sirih mengandung natural antiseptik yang berasal dari turunan fenol. Perlindungan antiseptik alami ini sangat dibutuhkan karena Indonesia mempunyai iklim tropis yang lembab sehingga mempengaruhi daerah kewanitaan. Iklim tropis yang lembab dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri.

Daun sirih juga baik dengan kombinasi bahan alami lainnya seperti mawar dan susu seperti pada Lactacyd Herbal Pesoba Area V. Kandungan ekstrak mawar berfungsi tidak hanya untuk memberikan keharuman namun juga merawat daerah kewanitaan. Sedangkan kandungan susu untuk melembutkan kulit daerah kewanitaan.

Selain mengandung bahan alami, menurut Debi, produk pembersih sebaiknya juga memiliki pH yang sesuai dengan kondisi alami daerah kewanitaan. pH area V yang normal bersifat asam. "pH normal dapat mencegah berbagai macam organisme penyakit," ujar Debi.