Rabu 26 Apr 2017 14:13 WIB

Cara Mudah Atasi Kebiasaan Mendengkur

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Esthi Maharani
Mendengkur
Foto: topnews.net.nz
Mendengkur

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa saja bisa mendengkur saat sedang tidur, baik sering ataupun hanya sesekali. Sebanyak 30 persen orang dewasa berusia 30 tahun atau lebih di Inggris mendengkur saat tidur, dengan dua pertiganya adalah laki-laki.

Pakar tidur Michael Carter-Smith mengatakan, dengkur terjadi ketika udara tak bergerak bebas lewat hidung dan tenggorokan. Ia juga membagikan cara mudah berikut untuk mengatasi kebiasaan mendengkur, dilansir dari laman Express.

1. Singkirkan ini

Produk susu bisa menyebabkan reaksi alergi dan dengkur pada mereka yang punya intoleransi laktosa. Minuman beralkohol termasuk yang perlu disingkirkan jika Anda ingin menghentikan kebiasaan mendengkur.

2. Makan malam lebih awal

Hindari makan malam dalam porsi besar sebelum pergi tidur karena perut yang terisi penuh berpotensi menekan diafragma. Sementara, minum teh, makan bawang putih atau bawang merah bisa membantu mengatasi masalah mendengkur.

3. Ubah posisi tidur

Berbaring pada sisi tubuh membuat jaringan lunak tenggorokan stabil dan saluran udara mengalir bebas. Sejumlah studi telah menunjukkan bahwa individu yang tidur telentang lebih cenderung mendengkur daripada mereka yang tidur menyamping.

4. Bersihkan tempat tidur

Mendengkur bisa juga terjadi akibat alergi pada debu yang terkumpul pada seprai dan kasur. Sebelum pergi tidur, ada baiknya terbiasa membersihkan tempat tidur untuk mengurangi debu, tungau, dan organisme mikro yang tak kasat mata.

5. Pakai bantal ekstra

Menambahkan bantal ekstra untuk meninggikan kepala saat berbaring akan mengurangi hambatan pada saluran pernapasan. Cara ini juga bisa membebaskan pernapasan dan menyeimbangkan ritme alami tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement